Sukses

Apa Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

Sebenarnya, apa sajakah penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut dengan mata panda?

Liputan6.com, Jakarta Jika bicara jujur, tentu munculnya lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut dengan mata panda sungguh mengganggu dan membuat tidak nyaman. Apa yang Anda ketahui tentang penyebab kemunculannya?

Penyebab yang paling sering ditemui aalah kurangnya waktu atau kenyamanan saat tidur. Ternyata, penyebab lingkaran hitam di di bawah mata bisa menjadi lebih kompleks sehingga ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit, mengutip dari laman Boldsky, Selasa (26/5/2015).

Separah itukah penyebab lingkaran hitam di bawah mata? Tenang, karena berikut ulasan mengenai penyebab munculnya hal tersebut: (auf/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata 1-2

1. Pengobatan

Beberapa pengobatan dapat mengakibatkan peningkatan produksi hormon. Hal tersebut berdampak pada semakin membesarnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

2. Penuaan

Setelah menginjak usia tertentu, sangat mungkin kulit mata mengalami kemunduran elastisitas dan menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

3 dari 3 halaman

Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata 3-5

3. Genetik

Salah satu penyebab lingkatan hitam di bawah mata yang paling sulit dihindari adalah genetik atau keturuan. Jika nenek moyang Anda memiliki mata panda, besar kemungkinan Anda juga memilikinya.

4. Memar

Lingkaran hitam juga bisa disebabkan oleh memar. Juga, jika Anda terlalu sering menggosok kulit di sekitaran mata, jelas kulit bisa terpengaruh dan bisa memunculkan lingkaran hitam.

5. Stres

Jika Anda tidak menuruni genetik lingkaran hitam di bawah mata, tetapi masalah tersebut tak kunjung meghilang, ada kemungkinan Anda dalam keadaan stres sehingga kualitas dan kuantitas tidur bisa terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini