Sukses

Asyiknya Berburu Foto Milky Way di Langit Gorontalo

Menikmati Indahnya Milky Way dan mengabadikannya di langit Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo Jika anda merupakan seorang fotografer dan berniat untuk mencari foto galaksi milky way, mungkin anda perlu mencoba salah satu ladang yang terletak di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Lokasi ini berjarak sekitar 12 kilometer dari kota Gorontalo. Selain dapat melihat hamparan langit yang memanjang, para fotografer juga akan mendapatkan sebuah foreground foto, yakni sebuah pohon mangga yang unik. Keunikan pohon tersebut terletak pada bentuk pohon yang memilik batang kecil namun dipenuhi dengan dedauanan sehingga menampilkan kesuburan pohon tersebut.

Foto by: Sofyan Balu SPOT Gorontalo

Untuk mendapatan foto Milky Way, para fotografer wajib menyiapkan sejumlah alat penting yakni sebuah kamera DSLR, lensa wide dengan ukuran minimal 10–22, tripot, dan sebuah alat penerangan, usahakan senter yang digunakan adalah senter yang memiliki pengaturan dalam kekuatan cahaya.

Satu lagi, fotografer diwajibkan untuk memilik sebuah ponsel andorid yang memiliki aplikasi star chart untuk mencari titik milky way berada.

Salah seorang fotografer dari SPOT Gorontalo, Opan menjelaskan, dalam pengambilan gambar milky way, para fotografer diwajibkan memiliki kesabaran yang tinggi. Pasalnya, untuk mendapatkan gambar yang bagus, kamera wajib diletakan di atas tripot dengan setelan cahaya rendah. Hal ini berfungsi untuk menjaga kestabilan gambar.

Foto by: Sofyan Balu SPOT Gorontalo

“Sebetulnya, kuncinya di kamera, karena dia (kamera) harus merekam cahaya objek dengan durasi waktu minimal 30 detik. Dalam durasi itu kamera nggak boleh goyang, biar gambar nggak shake,” tutur Opan kepada liputan6.com, Jumat (22/05/2015) malam.

Opan juga menjelaskan, jika ladang ini merupakan lokasi baru bagi para fotografer. Pasalnya selain jarang tersentuh dan jauh dari pusat kota, lokasi ini juga sedang heboh dengan adanya pohon mangga yang berbentuk unik.

“Jadi untuk milky way, ini lokasi baru. Baru juga heboh karena ada pohon mangga yang unik. Di sini kalau siang, banyak yang selfie lantaran pohon mangga,” ujarnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Goods Art salah seorang fotografer dari SPOT juga mengakui jika lokasi ini merupakan salah satu spot yang unik untuk foto milky way. Pasalnya jika biasanya lokasi milky way merupakan sebuah hutan atau lokasi yang tinggi, ini malah berada di sebuah ladang yang lokasinya jauh dari pusat kota.

“Lokasi ini kan baru baru heboh di meda sosial. Unik juga sih di sini ada foreground yang keren nggak kayak biasanya,” jelas Goods Art.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini