Sukses

Lima Langkah Memilih Asuransi Rumah

Bagaimana cara memilih asuransi rumah yang tepat?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak perusahaan asuransi menawarkan asuransi rumah dengan aneka varian. Ada yang hanya menawarkan perlindungan kebakaran saja, namun ada yang menawarkan perlindungan menyeluruh untuk segala risiko yang terjadi pada seluruh harta benda yang ada di rumah.
Dengan demikian, Anda dituntut untuk membandingkan dan memilih produk yang memiliki perlindungan sesuai kebutuhan.

Lantas, bagaimana cara memilih asuransi rumah yang tepat? Dilansir melalui laman Rumah.com, berikut ini lima tips untuk Anda:

Lakukan Perbandingan

Pilihan yang banyak mempermudah Anda melakukan perbandingan, terkait biaya dan manfaat dari bermacam produk dan perusahaan asuransi tersebut. Memang proses ini agak merepotkan, namun hal ini dapat mempermudah Anda membuat keputusan terbaik.

Agar menghemat waktu, cobalah untuk melakukan perbandingan secara online (daring). Anda juga dapat langsung mengajukan asuransi rumah atau melakukan konsultasi gratis secara online.

Ketahui Jaminan

Hal yang perlu diketahui dari produk asuransi rumah adalah perlindungan apa saja yang ditawarkan. Misalnya, perlindungan terhadap kebakaran. Perlu diketahui, kebakaran bisa terjadi karena berbagai hal, seperti korslet, sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan, atau karena kerusuhan.

Anda bisa tanyakan, sumber kebakaran apa yang ditanggung asuransi. Dengan memiliki kejelasan tentang hal ini pada awal perjanjian, Anda pun tidak akan ragu untuk mengambil keputusan.

Ketahui Proses Klaim

Anda tentu tak ingin musibah datang. Namun, jika benar-benar terjadi, Anda tentu akan melakukan klaim kerugian. Pertanyaannya, sulitkah pengajuan klaim tersebut?

Untuk itu, lakukan perbandingan mengenai prosedur klaim yang berlaku di setiap perusahaan asuransi. Pastikan Anda tidak akan kesulitan dalam mengurus klaim.



Biaya dan Nilai Pertanggungan

Hal ini biasanya menjadi faktor penentu keputusan Anda, karena Anda pasti berhitung berapa biaya yang harus dibayarkan dan berapa nilai pertanggungan yang akan didapatkan.

Penting diingat, jangan sampai uang pertanggungan tidak cukup untuk membangun kembali rumah Anda. Dengan demikian, lakukan perhitungan cermat antara jumlah tanggungan dengan lamanya kontrak asuransi.

Konsultasi
Untuk menambah informasi, Anda dapat berkonsultasi dengan para ahli asuransi yang mengasuh forum finansial. Selain itu, forum online juga dapat menjadi pilihan untuk tempat bertanya. Biasanya, anggota forum tersebut akan membagi pengetahuan dan pengelaman mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini