Sukses

Batik Rangrang Bali Diincar Masyarakat Palembang

Batik Rangrang Bali mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Palembang.

Liputan6.com, Palembang Batik motif Rangrang yang berasal dari Bali ternyata sedang menjadi tren busana kantoran di Indonesia. Bahkan, di Palembang sendiri, batik Rangrang pun menjadi incaran para pecinta batik Indonesia.

Seperti terlihat di South Sumatera Expo 2015 yang digelar di Plasa Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, batik motif Rangrang ini menjadi salah satu ikon di stan Batik Senopati Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

“Motif rangrang memang banyak yang pesan, bahkan ada yang pesan 100 pieces langsung. Memang motif ini paling banyak diincar oleh warga Palembang, terutama para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan orang kantoran,” ungkap Abror Thalib, pemilik Batik Senopati kepada Liputan6.com, di Palembang, Selasa (19/5/2015).

Menurutnya, batik Rangrang Bali ini lebih diminati masyarakat Palembang karena motifnya berbeda dari batik di Sumatera, terkhusus batik di Sumsel. Beragam batik yang dijual mulai dari olahan produk tulis, print, dan cap. Bahkan, tidak hanya motif Rangrang dari Bali saja, namun ada banyak jenis batik yang disediakan, seperti motif tenun Sumbawa, Kalimantan, Pekalongan dan lainnya. Harga yang dipatok sendiri sangat murah, mulai dari Rp 100 Ribu hingga Rp 800 Ribu.

Untuk produksi batik tulis sendiri, pihaknya bekerja sama dengan pengrajin batik di Pekalongan. Peminat batik tulis juga lumayan, karena selain diproduksi sendiri, motifnya juga tidak pasaran dan timbul.

“Peminat batik di Indonesia sudah banyak, jadi para pengrajin juga mampu memproduksi batik tulis dengan jumlah yang banyak,” ujarnya. (Ajeng Resti/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini