Sukses

Nenek Anami Berusia 140 Tahun, Diduga Manusia Tertua di Dunia?

Jika usia Nenek Anami benar atau mendekati usia 140 tahun, ia berpotensi memenangkan sayembara manusia tertua di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita berusia 140 tahun bernama Anami atau yang dikenal dengan panggilan Nenek Anami diduga sebagai manusia tertua di dunia. Jika sudah terbukti kebenaran usianya, ia akan ikutsertakan dengan program sayembara manusia tertua di Rusia.

Jika usia Nenek Anami benar atau mendekati usia 140 tahun, nenek yang berasal dari Kampung Bungur Sarang, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, tersebut berpotensi memenangkan sayembara manusia tertua di dunia.

Nenek Anami, wanita yang diperkirakan berusia 140 tahun, terlihat masih bugar saat berjalan di sekitar rumahnya di Kampung Burung Sarang,Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (17/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hadiah sayembara yanag digelar oleh miliarder asal Rusia, Dmitry Kaminsky, ditaksir mencapai sekitar Rp 13 miliar. Pemerintah pun akan membantu menyiapkan biayanya ke Rusia.

"Harus diperiksa secara medis terlebih dahulu. Jika ma (nenek) Anami terbukti berusia 140 tahun, kami siap membiayai berangkat ke Rusia," kata Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, seperti yang dikutip dari laman AntaraNews.com, Selasa (26/5/2015).

Nenek Anami terlihat menggendong seorang bayi di depan rumahnya di Purwakarta, Jabar, Minggu (17/5). Nenek yang diduga berusia 140 tahun ini akan mengikuti sayembara orang tertua di dunia dengan hadiah sekitar Rp13 miliar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski masih diselidiki kebenaran usianya dari sisi medis, tetapi pendengaran dan penglihatan nenek yang memiliki anak sebanyak 12 tersebut masih normal walau sudah memasuki usia ratusan tahun.

Hal tersebut memudahkan para penyelidik untuk mengungkap kebenaran. Seperti menurut pengakuan Nenek Anami, anak pertamanya yang sudah meninggal dunia berusia sekitar 110 tahun dan cucunya pun sudah berusia 85 tahun.

Anami, nenek yang diduga berusia 140 tahun saat menunjukan silsilah keluarganya di rumahnya di Purwakarta, Jabar, Minggu (17/5). Nenek Anami akan mengikuti sayembara manusia tertua di dunia, yang digelar miliarder Rusia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hingga kini, pemilik gelar perempuan tertua di dunia dipegang Jeralean Talley asal Amerika Serikat dan rekor usia terpanjang dan rekor usia terpanjang dipegang Jeanne Calment asal Prancis yang sudah meninggal dunia saat memasuki usia 122,5 tahun pada tahun 2007.

Anami, seorang nenek yang diduga berusia 140 tahun saat menunaikan shalat di rumahnya di Purwakarta, Jabar, Minggu (17/5). Nenek Anami akan mengikuti sayembara manusia tertua di dunia, dengan hadiah sekitar Rp13 miliar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Semoga Nenek Anami tetap diberikan kesehatan dan umur agar bisa terbukti kebenaran usianya. (auf/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.