Sukses

Ajari Anak Agar Tanamkan Nilai Bersyukur

Hal apa yang perlu dilakukan untuk mengajari anak cara bersyukur?

Liputan6.com, Jakarta Hidup bersandingan dengan para penghuni alam semesta ini memang patut diimbangi dengan rasa bersyukur. Menjadi bersyukur sebagai salah satu nilai dalam gaya hidup dapat memunculkan banyak manfaat.

Deretan manfaat bersyukur yang dilansir dari laman HuffingtonPost, antara lain dapat meningkatkan kualitas tidur, menjaga kesehatan mental para remaja, menaikkan nilai akademis, menjadi teman yang lebih baik, dan mencegah munculnya emosi negatif.

Manfaat ini sangat penting dan berguna bagi buah hati, terutama bagi mereka yang akan menginjak masa remaja. Perubahan yang terjadi di masa ini sangat berkaitan dengan jati diri yang dipercayai remaja sebagai bekal masa depan mereka.

Meskipun nilai bersyukur sangat perlu ditekankan pada remaja, tetapi bukan berarti kita cukup mengajarkannya sampai di saat itu.

Hal ini memang bukanlah pekerjaan yang mudah karena pastinya setiap manusia mempunyai egonya masing-masing. Lantas, hal apa sajakah yang perlu dilakukan untuk mengajarkan kepada si buah hati mengenai bagaimana caranya bersyukur? Berikut ulasan yang dilansir dari laman Boldsky, Senin (18/5/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikan Contoh Terlebih Dahulu

1. Berikan Contoh Terlebih Dahulu

Orangtua merupakan teladan bagi tiap anak-anaknya. Sebab, seorang anak akan berusaha meneladani tingkah laku Anda. Jadi, cara termudah mengajarkan anak untuk bersyukur adalah dengan memberikan contoh bagaimana caranya mensyukuri suatu hal yang terjadi.

Awali dengan cara-cara yang mudah terlebih dahulu. Sebagai orang tua, ucapkan terima kasih ketika mereka ikut membantu pekerjaan atau sekedar sudah selesai melakukan PR. Ini akan membantu mereka mengingat untuk berterimakasih kepada orang yang telah melakukan kegiatan yang baik.

2. Ajari Tentang Memberi

Jika di sekitar Anda terdapat anak yang tidak mampu membeli mainan atau bahkan pakaian, mintalah dengan lembut dan penuh perhatian kepada anak untuk mendonasikan pakaian atau mainan mereka. Dari pelajaran ini, anak-anak akan paham betapa pentingnya arti berbagi terhadap sesama.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Mengucapkan Terimakasih

3. Pentingnya Mengucapkan Terimakasih

Ajarkan anak Anda untuk mengucapkan terimakasih kepada orang telah membantunya dan telah berbuat kebaikan kepadanya. Meskipun dunia sudah banyak memutar paradigma menjadi pemusatan pada diri sendiri, tetapi tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak Anda untuk memiliki perilaku ini.

4. Membantu Orang

Berikan pemahaman pada anak bahwa hidup ini berputar. Terkadang seseorang membutuhkan bantuan, begitupula sebaliknya. Cara ini pun tak hanya menanamkan gaya hidup bersyukur, tetapi juga bisa menjadikan mereka individu yang baik di suatu lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.