Sukses

Beberapa Fakta Tentang Jerawat

Apa saja fakta-fakta mengenai jerawat? Ini dia ulasannya!

Liputan6.com, Jakarta Apa masalah kulit yang paling dibenci oleh kebanyakan orang di dunia? Apalagi jika bukan jerawat? Jerawat memang mengganggu kecantikan kulit. Tak hanya membuat kulit tampak merah, berkas hitam, jerawat juga membuat pori-pori semakin besar.

Jerawat tidak hanya muncul di wajah saja, tetapi juga di bahu, dada, punggung, dan leher. Meskipun tidak mengancam keselamatan jiwa, tetapi jerawat jelas mengancam kepercayaan diri dan penampilan seseorang, bukan?

Jika tidak ingin merasa terancam dengan masalah kulit yang tak mengenal umur, jenis kelamin, dan ras, sejenak mencari tahu fakta dibalik jerawat itu sendiri. Penasaran? Ini dia ulasan yang dilansir dari laman Boldsky, Senin (18/5/2015): (auf/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Jerawat 1-3

1. Penyebab jerawat. Jerawat bisa muncul karena kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan. Ketika kulit mati bercampur dengan minyak, pori-pori pun tidak mampu menghadang bakteri yang ingin berkembang baik. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan muncul jerawat.

2. Intensitas munculnya jerawat. Faktor-faktor yang memengaruhi intensitas jerawat muncul adalah genetika, tingkat hormon dalam tubuh, dan juga faktor lingkungan.

3. Terdapat enam tipe jerawat. Komedo hitam dan benjolan putih merupakan jerawat yang umum terlihat. Pustula dan papula terjadi karena pori-pori mengalami iritasi dan berpotensi memunculkan jerawat yang lebih besar. Ketika berubah menjadi kista dan nodul, itulah yang sering disebut jerawat karena menimbulkan rasa sakit.

3 dari 3 halaman

Fakta Jerawat 4-6

4. Pemicu jerawat. Jelas jerawat akan muncul pada bagian tubuh yang tidak bersih yang disebabkan oleh kotoran, minyak berlebihan, dan bakteri yang menempel.

5. Pengelupasan berlebihan. Mencuci muka memang sering dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap bersih. Namun, apabila dilakukan terlalu banyak, kulit pun akan terkelupas dan bisa menyebabkan iritasi pemicu jerawat.

6. Matahari. Tingkat paparan sinar matahari memang baik untuk dikonsumsi oleh kulit. Terlalu banyak atau terlalu sedikit terkena paparan sinar matahari berdampak buruk bagi kulit sehingga kulit mencari pelarian dengan memunculkan jerawat. Jangan lupa gunakan tabir surya ketika bepergian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini