Sukses

Banten Kerjasama Ekspor Batu Kalimaya dengan Turki

Pemprov Banten dan Pemerintah Turki jalin kerjasama ekspor batu kalimaya.

Liputan6.com, Serang Batu akik Kalimaya asal Provinsi Banten akan berkelana hingga ke Turki. Hal ini menyusul penjajakan kerjasama antara pemerintah Turki yang diwakili oleh Duta Besarnya dengan Pemerintah Provinsi Banten yang bersepakat mengekspor Kalimaya ke negeri Turki.

"Turki terkenal dengan kemampuan cutting," kata Pelaksana Tugas Gubernur Banten, Rano Karno, usai menerima kunjungan Dubes Turki di Pendopo Lama Gubernur Banten yang berlokasi di Jalan Brigjen K.H. Syam'un, Kota Serang, Selasa (12/05/2015).

Diharapkan kerjasama itu akan membuka jalan ekspor batu kalimaya ke pasar Eropa. "Ini bisa membuka gerbang kerja sama di semua sektor ke Eropa. Mengingat Turki merupakan gerbang Eropa," tegas Rano."

Hal senada juga diungkap oleh Dubes Turki, Zekeriya Akcam. “Bila sulit untuk menembus pasar Eropa, kerjasama dengan Turki bisa menjadi salah satu jalannya,"kata Akcam. Tak hanya itu, Pemprov Banten pun akan berusahan menjajaki kerjasama ekspor bahan pakaian seperti kain tenun ke pemerintah Turki yang tentunya akan meningkatkan taraf kehidupan Usaha Kecil Menengah dan industri ekonomi kreatif di tanah jawara itu. (Yandhi Deslatama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini