Sukses

Sukses Adalah Apa yang Anda Lakukan Hari Ini

Sukses Adalah Apa yang Anda Lakukan Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Saya bertaruh setiap orang pasti bermimpi menjadi orang sukses. Beberapa teman kuliah saya kini telah menjadi direktur di beberapa perusahaan ternama.

Dengan posisi tersebut, sangat mudah memandangnya sebagai orang sukses. Faktanya, itu definisi sukses bagi banyak orang. Saat seseorang berada di posisi yang tinggi, maka kita akan ramai-ramai menyebutnya sebagai orang sukses.

Tapi itu bukan definisi saya tentang kesuksesan. Begini ilustrasinya.

Jika Anda lulus dari perguruan tinggi, Anda pasti diberi selamat oleh orangtua, teman dan kerabat atas kesuksesan tersebut.

Benar kan? Apakah itu sebuah kesuksesan?

Kini coba Anda pikirkan hal ini, Anda sebenarnya, lulus dari perguruan tinggi karena kerja keras sendiri. Anda tidak lulus karena diam saja.

Kelulusan itu tidak datang begitu saja apalagi karena keajaiban. Tidak, kelulusan itu datang dari kerja keras setelah belajar selama 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, atau 6 tahun. 

Momen saat Anda memutuskan untuk membuka buku super tebal dan mempelajarinya, saat itulah Anda telah sukses. Waktu di mana Anda memotivasi diri sendiri untuk menyelesaikan kuliah, saat itulah Anda telah mencapai kesuksesan untuk diri sendiri.

Waktu di mana Anda memutuskan untuk menyelesaikan kuliah bahkan saat beberapa teman gagal, Anda telah sukses. Kelulusan itu hanya pengakuan dari kompilasi kesuksesan Anda selama ini

Jadi singkatnya, banyak orang berpikir bahwa kesukesan adalah sebuah tujuan, akhir dari proses. Kesuksesan bukan tujuan, itu adalah sebuah proses.

Seluruh teman saya di Universitas Gadjah Mada tidak serta merta meraih posisi tinggi di perusahaan tanpa kerja keras. Mereka bekerja keras untuk menggapai pengakuan atas kesuksesannya hari ini.

Saat bangun di pagi hari dan bersiap untuk bekerja, pikirkan apa yang akan Anda lakukan hari ini. Apa yang Anda lakukan hari ini yang penting. Karena kesuksesan adalah apa yang Anda lakukan hari ini. Berulang kali.

 

Penulis: Dino Martin SE. MM., MBA. CEO Karir.com

*Tentang Penulis: Dino Martin menempuh pendidikan sarjana di Program Studi Management, Universitas Gadjah Mada, dan jenjang Magister Management & Master of Business Administration di Swiss German University dan Sciences Konstanz, Jerman (double-degree). Memiliki portfolio karir yang ekstensif, seperti berkarir di BMW sebagai kepala Marketing dan kemudian dipromosikan menjadi Vice President Sales & Marketing. Terdaftar di Dinas Pendidikan Tinggi Indonesia (DIKTI) sebagai Dosen Nasional dan mengajar di International Master Program BINUS University.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini