Sukses

Cemilan Rendah Kalori dari Apel dan Kurma

Simak resep ini jika Anda ingin cemilan enak sekaligus sehat.

Liputan6.com, Jakarta Hobi menyantap makanan kecil memang merupakan kegiatan yang seringkali kita lakukan saat waktu kosong. 

Sepertinya aman untuk menyatakan, banyak dari Anda yang takut gemuk, namun di saat yang bersamaan tidak bisa mengontrol jumlah cemilan yang dikonsumsi. Salah satu alternatifnya, pilihlah cemilan sehat yang rendah gula dan terbuat dari bahan alami. Gabungan apel yang rendah kalori dan terkenal sebagai buah menyehatkan, kurma yang manis dan padat, dan kacang-kacangan yang kaya protein bisa membuat cemilan yang mengenyangkan sekaligus sehat.

Simak ulasan resep snack apel dan kurma sesuai yang dikutip dari minimalistbaker.com, Selasa (12/5/2015) ini! (Ikr/ret)

Bahan-bahan

1 apel kecil. Kupas dan potong kecil-kecil

1 sendok makan sirup mapel

1 sendok makan minyak zaitun

1/2 sendek teh kayu manis bubuk

1/4 sendok teh garam

13 (atau secukupnya) kurma yang ditumbuk

250 gram kacang almond mentah atau panggang

250 gram kacang walnut mentah atau panggang

Cara membuat

1. Panaskan oven sampai 350 derajat Celcius

2. Sebarkan apel di kertas panggangan dan lapisi dengan minyak zaitun, sirup mapel, bubuk kayu manis, dan garam. Panggang selama 15-20 menit sampai empuk dan mengeluarkan aroma.

3. Giling kacang sampai halus. Tambahkan kurma dan adik sampai membentuk adonan. Pindahkan ke mangkuk.

4. Jika potongan apel masih terlalu besar, potong-potong lagi. Masukkan apel sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Jika adonan terlalu basah, tambahkan kacang. Apel yang masih tersisa bisa Anda simpan untuk digunakan dalam oatmeal atau smoothies.

5. Pindahkan adonan ke loyang tipis yang dilapisi kertas dan ratakan dengan spatula atau sendok. Lapisi bagian atas adonan dengan pembungkus plastik dan ratakan dengan loyang menggunakan bantuan jari-jari Anda.

6. Potong-potong jumlah batangan yang diinginkan, dari 4 sampai 8.

Untuk penyimpanan, simpan di kantong atau kontainer makanan dan lapisi kertas tiap batangan supaya tidak saling menempel. Jika ingin taham lebih lama, simpan di dalam freezer. Sajian ini bisa bertahan sehari jika Anda bawa bepergian. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini