Sukses

4 Bahan Alami Tak Berbahaya Sebagai Pembersih 06 Mei 2015

Noda membandel sungguh menggantu. Lantas, bagaimana cara untuk membersihkannya?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah tentunya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya kotoran membandel. Dimulai dari debu hingga kotoran berkerak lain yang menempel pada peralatan rumah tangga, contohnya seperti pada kompor.

Tak perlu begitu pusing apabila cairan pembersih yang Anda gunakan sudah habis. Cobalah untuk membuka dan mengamati persediaan yang ada di lemari penyimpanan Anda.

Jika Anda sudah menemukan lemon, cuka, garam, dan gas untuk memanaskan air maka permasalahan akan segera tuntas. Sebab seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest, Rabu (6/5/2015), bahan yang telah disebutkan di atas dapat digunakan untuk membersihkan noda membandel. Bagaimana caranya? Berikut adalah ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lemon dan Cuka

1. Lemon

Jika menemukan persediaan lemon, oleskan bola kapas atau spons dalam jus atau air perasan lemon dan diamkan selama beberapa jam di dalam lemari pendingin untuk menetralisir bau. Membersihkan noda di dapur dengan lemon juga bisa dilakukan.

Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon dengan cara penyempotkan langsung atau di jendela dan pintu untuk menarik serangga agar mereka segera pergi dari rumah. Bisa juga, dengan mencampurkan jus lemon dengan 2 Liter air untuk mengepel agar menghalangi munculnya kecoak dan kutu.

2. Cuka

Cuka putih sempurna menjadi pembersih serbaguna. Tuangkan 1/2 baking soda dan 1 cangkir cuka, lalu siram dengan air panas beberapa menit kemudian.

Gunakan kain lembut dan rendam sedikit ke campuran tersebut sebelum digosokkan pada noda membandel. Noda pun akan kembali bersinar.

3 dari 3 halaman

Garam dan Air Mendidih

3. Garam

Anda bisa membersihkan peralatan rumah tangga dengan hanya dengan menaburi garam pada spons atau gelas bersih lebih baik dibanding menggunakan mesin pencuci piring. Merendam spons kotor dalam cangkir dengan 1/4 garam yang dicampurkan 1 Liter air bisa membuat spons lebih awet.

Hal yang sama jika Anda ingin menyingkitkan noda membandel pada peralatan berbahan besi. Tuangkan sekitar 1/4 garam yang dicampurkan 1 liter air hangat dan gosok noda dengan sikat kawat yang kaku.

4. Air Mendidih

Mencelupkan kain ke dalam air mendidih berguna untuk menghalau noda membandel yang terjebak pada peralatan rumah tangga, seperti kompor atau micorwave.

Untuk noda yang cukup lengket, campurkan sedikit baking soda dengan air hingga membentuk seperti pasta. Gosok campuran tersebut pada noda lengket tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.