Sukses

Menikmati Wisata Alam dan Kebudayaan Aborigin di Namadgi

Di kota ini terdapat Taman Nasional Namadgi yang termasuk dalam warisan dunia versi UNESCO

Liputan6.com, Jakarta Setelah menikmati suasana kota Melbourne dan berpetualang dengan sepeda di The Munda Biddi Trail, Perth. Tiba saatnya, Anda melanjutkan perjalanan ke Ibu Kota Australia yakni Canberra.

Di kota ini terdapat Taman Nasional Namadgi yang termasuk dalam warisan dunia versi UNESCO. Hanya dengan perjalanan darat 45 menit dari pusat kota Canberra, Anda dapat menikmati wisata alam, serta wisata sejarah dan budaya dari bangsa Australia.

Selain menikmati panorama alam wilayah pegunungan Alps bagian utara Australia, di Taman Nasional Namadgi Anda dapat melihat langsung peninggalan kebudayaan tertua suku Australia yakni Aborigin, yang sudah ada sejak 21 ribu tahun yang lalu.

Lokasi ini menjadi tempat tinggal suku Aborigin di masa lampau ketika wilayah Australia mengalami zaman es. Anda akan menjumpai situs-situs bersejarah peninggalan masa lalu sebagai bukti mereka pernah berada di sini, seperti kumpulan batu, hewan purba, peralatan rumah tangga dan berburu.

Susunan batu untuk upacara adat di puncak gunung Namadgi juga masih terjaga dengan baik dan terdapat lukisan di bebatuan. Kunjungan Anda ke situs budaya Yankee di Gudgenby Valley dan situs budaya Hanging atau Birrigai di Tidbinbilla adalah cara yang berharga untuk memahami dan belajar tentang budaya Aborigin.

Di kota ini terdapat Taman Nasional Namadgi yang termasuk dalam warisan dunia versi UNESCO

Taman Nasional Namadgi ini terletak di sisi barat daya Canberra dan memiliki luas hampir setengah dari wilayah Ibu Kota Australia. Wilayah ini juga memiliki catatan yang kaya tentang pemukiman bangsa Eropa yang bermigrasi ke Australia.

Selain itu, di lokasi ini, Anda juga dapat menelusuri sejarah perternak pertama di Australia. Rumah gubuk dan perkarangan yang masih berdiri dengan baik. Jika ingin menyusur goa, Anda bisa menelusuri jalur pertambangan emas yang aktif pada tahun 1860-an.

Yang tak disangka-sangka, tempat ini juga memiliki stasiun pengamatan angkasa luar yang pernah digunakan untuk mengamati penerbangan Apollo. Konon, wilayah Orroral Valley dan Honeysuckle Creek menjadi tempat pertama di bumi yang menerima gambar Neil Armstong berjalan di bulan.

Layaknya taman nasional, Namadgi juga menjadi tempat tinggal tumbuhan dan hewan-hewan langka Australia. Sebanyak 35 jenis mamalia tercatat dilindungi di taman ini termasuk walabi dua warna, kanguru Albino, ekidna (babi duri), wombat, burung emu, posum kerdil dan beragam jenis reptil.

Menikmati alam Namadgi dapat dilakukan dengan berkendara mobil, sepeda, maupun berjalan kaki. Kalau ingin merasakan sedikit tambahan adrenalin, Anda dapat menunggang kuda, bermain paralayang, terjun payung, turun tebing, hingga berkano menyusuri sungai Murrumbidgee.

Di kota ini terdapat Taman Nasional Namadgi yang termasuk dalam warisan dunia versi UNESCO

Jika ingin lebih santai, Anda dapat mengamati burung, memancing, berkemah dan menikmati piknik dengan pemandangan yang spektakuler. Anda dapat melepaskan diri dari segala keramaian kota dan menikmati pemandangan terindah Alpen Australia di alam bebas yang berbukit-bukit.

Tertarik dengan wisata lengkap yang ditawarkan Taman Nasional Namadgi? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Australia dengan Wego untuk mencari harga terbaik buat tiket dan hotel. Pesan sekarang dan dapatkan promosi menarik lainnya.

(Adv/GR)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini