Sukses

Frittata, Memasak Telur dengan Cara Dipanggang

Coba resep telur ini untuk makanan dengan rasa ringan dan rendah kalori.

Liputan6.com, Jakarta Selain dengan cara direbus atau digoreng, telur juga bisa dimasak dengan cara dipanggang, seperti Frittata.

Frittata yang berasal dari Italia ini merupakan alternatif dari quiche. Cocok menjadi resep makan pagi untuk Anda yang tidak bernafsu makan nasi dan bisa juga untuk lauk makan siang. Masakan ini juga relatif lebih sehat dibanding telur goreng karena penggunaan minyak yang minimal. Anda juga bisa menambahkan sayur-sayuran atau bahan lain yang anda sukai agar lebih mengenyangkan.

Simak resep Frittata seperti yang diulas di bbcgoodfood.com, Rabu (6/5/2015):

Bahan-bahan:

2 batang daun bawang, dipotong-potong

4 Sendok makan kacang polong

1 zucchini yang diparut dengan parutan sayur

2 lembar daging asap

100 gram keju (disarankan keju feta)

4 telur

Instruksi

1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius

2. Masukkan daun bawang, kacang polong, dan zucchini ke mangkuk

3. Potong-potong daging asap dengan gunting, dan hancurkan keju 

4. Pecahkan dan kocok telur

5. Lapisi mangkok tahan panas berdiameter sekitar 16 cm dengan minyak dan campurkan semua bahan di mangkok. Panggang di oven selama 30 menit dan Frittata siap disajikan.

Catatan: Jika tidak ada oven, atau merasa persiapan memanggang menyita waktu, Anda bisa 'memanggang' Frittata di wajan anti-lengket dengan api kecil dan ditutup atasnya. (Ikr/ret)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.