Sukses

10 Tips Membuat Kue Untuk Pemula

Coba ikuti saran-saran ini untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam membuat kue!

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin memulai berbisnis atau mungkin juga hanya sekedar menekuni hobi baru, Anda bisa memulainya dengan membuat kue.

Perlu diingat bahwa melakukan kesalahan sebagai pemula adalah hal yang wajar. Di balik kegiatan masak-memasak, ada hal yang tidak selamanya mudah dan intuitif. Bahkan koki handal pun sering menghadapinya, terutama mereka yang sering berimprovisasi.

 

Baca juga:

 

Jika Anda adalah pemula di dunia pembuatan kue, ada 10 tips dari popsugar.com, Rabu (6/5/2015) yang perlu diketahui sebelum Anda memulainya. (Ikr/ret)

1. Baca keseluruhan resep

Baca pelan-pelan. Dengan begitu tidak ada bahan, alat, dan langkah yang terlewat. Ketelitian penting dalam membuat kue.

2. Pastikan Anda sudah memiliki semua alat dan bahan

Cek ulang semua bahan dan alat yang diperlukan sebelum mulai mengolahnya. Fatal jika Anda melupakan satu bahan penting di tengah-tengah proses.

3. Siapkan bahan dalam suhu ruang

Seringkali, bahan-bahan perlu ditempatkan dalam suhu ruang agar bisa bekerja. Jika ada bahan yang Anda simpan di kulkas, keluarkan dan taruh di lemari atau meja dapur beberapa jam sebelum membuat kue.

4. Siapkan kertas roti

Jika dalam resep loyang perlu dilapisi minyak, ikuti saran, karena sering kali terjadi gosong atau adonan yang menempel di loyang.

5. Panaskan oven sebelumnya

Ini dimaksudkan supaya Anda mendapatkan hasil optimal dari pemanggangan.

6. Gunakan alat takar berbeda

Bahan cair (seperti susu dan air) harus diukur dengan gelas ukur dan bahan kering (tepung, gula, dan kacang) harus diukur menggunakan timbangan dan gelas ukur kering.

7. Ayak bahan kering

Memang memberi waktu ekstra, namun mengayak bahan membuat tekstur kue yang sudah jadi lebih baik dan menghindari penggumpalan.

8. Pecahkan telur di mangkuk berbeda

memecahkan telur langsung di adonan memiliki resiko tercampurnya pecahan kerak telur di adonan, bahkan adanya telur busuk.

9. Campurkan bahan satu-persatu

Beberapa pemula langsung mencampurkan semua bahan di mangkuk adonan. Baca resep untuk mengetahui bahan apa saja yang dimasukkan terlebih dulu.

10. Pasang timer

Jika Anda mudah lupa waktu, sebaiknya pasang timer dengan suara yang keras untuk menghindari resiko gagal.

 

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.