Sukses

Begini Cara Agar Ruangan Tampak Lebih Terang

Ingin ruangan tampak lebih terang? Coba ubah dekorasi rumah dengan trik berikut

Liputan6.com, Jakarta Pencahayaan tak hanya krusial bagi pengambilan gambar video atau pemotretan. Namun, pemberian cahaya yang pas di dalam ruangan mampu membangkitkan suasana hati ke arah yang lebih baik. Selain itu, kesan menyegarkan akan lebih terpancarkan.

Saat musim panas, bisa saja ruangan terasa lebih terang. Namun, bagaimana jika musim hujan datang kembali? Apakah ruangan akan tetap terang? Musim hujan tak hanya membuat ruangan terasa lebih dingin, tetapi pencahayaan pun cenderung lebih gelap.

Terdapat beberapa cara agar ruangan tampak lebih terang tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Penasaran? Simak ulasan yang dilansir dari laman Purewow, Rabu (29/4/2015), berikut ini: (auf/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Atur tirai

1. Atur tirai

Memperluas batang penopang tirai akan membuat tampilan jendela tampak lebih besar dan cahaya dari jendela tidak terhalang oleh tirai. Selain itu, perhatikan pula kawat yang terpasang di jendela. Hal tersebut dapat mempengaruhi ilusi cahaya.

3 dari 6 halaman

Periksa lampu

2. Periksa lampu

Jika ingin mendapatkan efek ruangan yang lebih terang, coba ganti bohlam lampu dengan bohlam lampu berwarna kuning kebiruan atau yang memiliki watt lebih tinggi sehingga warna putih yang dihasilkan akan lebih terang.

4 dari 6 halaman

Warna cat dinding

3. Warna cat dinding

Tentu saja, warna cat dinding merupakan unsur yang paling penting. Memilih warna putih, warna-warna netral lain seperti abu-abu pucat, atau warna yang berkilau dapat memberikan efek terang pada ruangan.

5 dari 6 halaman

Membersihkan ruangan

4. Membersihkan ruangan

Tidak perlu berharap banyak untuk memilikik kondisi ruangan yang tampak lebih terang jika memang Anda tidak membersihkannya dengan rutin. Debu dan kotoran yang menempel akan membuat ruangan terlihat kotor, usang, dan gelap.

6 dari 6 halaman

Perhatikan pajangan

5. Perhatikan pajangan

Coba singkirkan beberapa pajangan yang memang diletakkan di tepian jendela. Sebab, hal tersebut ternyata memang cukup berpengaruh pada pencahayaan ruangan. Cahaya akan terhalang karena keberadaan pajangan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini