Sukses

6 Penyebab Bibir Kering

Penasaran, sebenarnya apa saja penyebab bibir kering?

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering membuat penampilan tampak tak sehat dan kusam, begitu pula dengan bibir kering. Bibir kering tak hanya menjauhkan diri Anda dari kesan seksi, tetapi dapat membuat Anda merasa sakit apabila bibir terbelah dan memunculkan darah.

Bibir kering sungguh membuat tidak nyaman. Tentu saja. Sayangnya, penyebab bibir menjadi kering bisa tak hanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang tak sadar sering dilakukan, tetapi bisa juga disebabkan oleh penyakit kronis.

Tak perlu berpikir terlalu jauh karena penyebab biasanya bibir kering dialami adalah udara kering seperti musim dingin, mengutip dari laman Boldsky, Jumat (24/4/2015).

Lantas, sebenarnya apa saja penyebab bibir kering? Ketahui lebih lanjut penyebab bibir kering agar bisa menghindari dan mengatasi datangnya masalah bibir tersebut: (auf/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Bibir Kering 1-3

1. Bernapas dengan mulut

Ketika jumlah udara dalam ruangan sedikit atau udara kering, tanpa sadar kemungkinan menggunakan bibir untuk bernapas sangat mungkin. Mendengkur saat tidur juga salah satu buktinya. Jadi, lembabkan bibir sebelum tidur.

2. Iritasi

Beberapa makanan atau kosmetik bisa menyebabkan iritasi pada bibir. Iritasi tersebut yang membuat bibir menjadi lebih kering. Hindari makanan dan hentikan kosmetik tersebut sambil menggunakan lip balm untuk mengobatinya.

3. Vitamin A

Seseorang yang mengkonsumsi Vitamin A secara berlebihan bisa mengalami masalah bibir kering.

3 dari 3 halaman

Penyebab Bibir Kering 4-6

4. Alergi

Beberapa alergi dapat menyebabkan bibir kering. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mengobatinya.

5. Obat-obatan

Tak hanya makanan dan kosmetik yang menyebabkan iritasi penyebab bibir kering. Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan juga bisa menyebabkan masalah serupa.

6. Dehidrasi dan menjilati bibir

Dua hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang kerap tak sadar dilakukan secara terus-menerus. Usahakan tidak melakukan hal tersebut dan gunakan lip balm untuk melembabkan bibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.