Sukses

Budayakan Gaya Hidup Bersih Seperti Pria Satu Ini

Ingin lingkungan bersih? Coba mulai ubah gaya hidup dan pemikiran Anda seperti pria Belanda satu ini.

Liputan6.com, Belanda - Lelah menyaksikan sampah-sampah yang berserakan di di tepi Sungai Schie di Rotterdam, Belanda, seorang seniman bernama Tommy Kleyn (37 tahun) rela untuk turun tangan membersihkan rambut dari sungai tersebut. Alhasil, lingkungan sungai pun nampak lebih bersih.

Rutin bersepeda melalui sungai tersebut, Kleyn cukup geram dan risih melihat tumpukan jalan di sepanjang tepian. Situasi tersebut sungguh mengganggunya sehingga ia memutuskan untuk menghabiskan 30 menit setiap harinya untuk membersihkan tempat tersebut.

Ingin lingkungan bersih? Coba mulai ubah gaya hidup dan pemikiran Anda seperti pria Belanda satu ini.

Aksinya sebagai pahlawan lingkungan tersebut akhirnya diunggah ke akun Facebook. Siapa sangka? Ternyata, melihat aksinya tersebut teman-temannya memutuskan untuk turut membantu membersihkan tepian sungai. Sebuah gerakan kecil terbentuk.

Dalam waktu lima minggu, gerakan kecil tersebut berhasil membuat tepian sungai sepanjang sekitar 100 meter tersebut kembali berkilau bersih dan benar-benar terbebas dari sampah, mengutip dari laman OddityCentral, Senin (27/4/2015).

Ingin lingkungan bersih? Coba mulai ubah gaya hidup dan pemikiran Anda seperti pria Belanda satu ini.

Kleyn mengungkapkan bahwa anaknya yang belum lahir merupakan insiprasi di balik aksi yang dilakukannya. Melihat istrinya yang tengah hamil, ia bertanya-tanya apa yang akan dipikirkan anaknya jika sang anak menanyakan tentang banyak tumpukan sampah.

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa itu hanya disebabkan oleh orang-orang yang tidak membuang sampah sembarangan, tetapi itu karena ayahnya tidak membersihkan sampah," kata Kleyn pada media.

Jika dipikir-pikir hal tersebut, tak perlu jauh-jauh di Belanda, budaya gaya hidup bersih memang belum terlalu diterapkan bagi warga Indonesia. Seseorang cenderung mengeluhkan mengenai kebersihan tanpa melakukan sebuah aksi nyata. Jadi, mari budayakan gaya hidup bersih dari diri sendiri sebelum mengeluh. (auf/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.