Sukses

Kulit Delima Untuk Kecantikan

Bukan hanya buahnya, kulit delima pun memiliki manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kita sudah mempelajari bahwa buah delima bisa dijadikan jus, es buah, atau dimakan langsung.

Ternyata, bukan hanya dagingnya yang berwarna merah itu yang bisa dimanfaatkan. Kulitnya pun memiliki manfaat untuk kecantikan. Lain kali, jika Anda sudah mengupas buah delima, jangan langsung buang kulitnya. Simpan untuk nantinya dikeringkan dan dijadikan bubuk yang tidak kalah berguna dibanding buahnya.

Lantas, bagaimana cara membuat kulit delima kering?

1. Setelah memisahkan delima dan kulitnya, potong kulit delima menjadi dua bagian.

2. Letakkan kulit delima di piring atau kain bersih, jangan sampai bertumpuk satu sama lain

3. Jemur di bawah sinar matahari langsung dan diamkan sampai seluruh cairan di dalamnya kering. Proses ini bisa makan waktu sampai dua hari atau lebih.

4. Setelah kering, tumbuk-tumbuk kulit delima hingga menjadi bubuk.

5. Simpah di wadah kedap udara.

Setelah Anda sudah mendapatkan bubuk kulit delima, bahan itu pun bisa Anda gunakan dalam berbagai ramuan. Inilah manfaat kulit delima, seperti yang dikutip dari dnaindia.com, Sabtu (25/4/2015):

1. Menghilangkan jerawat dan kulit kemerahan

Zat penyembuhnya efektif untuk mengempiskan jerawat di wajah. Kulit delima kaya antioksidan sehingga bakteri tidak bersarang di wajah Anda.

penggunaan: Ambil segenggam kulit delima dan panggang di panci atau penggorengan. Dinginkan dan hancurkan dengan mixer. Campurkan dengan sari lemon atau air mawar dan aplikasikan di wajah, terutama area yang berjerawat.

2. Mencegah keriput

Kulit delima mengandung zat yang menghindari kerusakan sel kolagen pada kulit dan membantu pertumbuhan sel yang menunda penuaan.

penggunaan: ambil dua sendok makan bubuk biji delima dan tambahkan susu hingga menjadi pasta. Olesi wajah Anda dengan pasta ini dan biarkan kering. Sesudahnya, basuh dengan air suam-suam kuku. Gunakan setidaknya dua kali seminggu.

3. Sebagai pelembab alami

Zat yang ada di kulit delima melindungi kulit dari polusi serta racun lainnya dan mengembalikan kembali keseimbangan pH kulit. Asam ellagicnya mempertahankan kelembaban dan menjaga kulit tetap halus. 

penggunaan:Tumbuk kulit delima yang sudah dikeringkan dan campur satu sendok makan dari bubuk itu dengan yoghurt untuk dijadikan pasta. Olesi pasta ini ke kulit wajah dan leher dan diamkan selama 10 menit. Basuh dengan air dingin sesudahnya.

4. Sebagai scrub wajah

Kulit delima juga membantu mengangkat kulit mati dan komedo di wajah.

penggunaan: Campurkan satu sendok makan gula merah dan dua sendok makan bubuk kulit delima, lalu tambahkan satu sendok madu dan satu sendok minyak nabati untuk membuat campuran pasta. Gosok dengan lembut di kulit wajah dan pijat. Cuci dengan air sesudahnya dan gunakan toner.

5. Sebagai tabir surya

Kulit delima juga memiliki manfaat menghindari efek buruk sinar matahari.

penggunaan: Campurkan bubuk kulit delima dan campur dengan krim kulit 20 menit sebelum keluar rumah.

6, Mencegan ketombe dan rambut rontok

Kulit delima juga memiliki manfaat bagi kulit kepala.

Campurkan bubuk delima dengan minyak rambut, oleskan pada akar rambut dan pijat-pijat setelahnya. Diamkan selama dua jam dan keramas dengan sampo lembut sesudahnya. (Ikr/ret)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini