Sukses

Rasakan Sensasi Berlibur di Penjara Paling Nyaman Ini

Apakah mungkin merasakan hidup di penjara namun seolah sedang berlibur? Ini buktinya!

Liputan6.com, Norwegia - Sekitar 75 Kilometer dari lepas pantai Oslo, Norwegia, terdapat sebuah pulau yang menjadi rumah 115 terpidana untuk kasus pembunuhan, pemerkosaan, dan narkoba. Uniknya, tak ada kesan menyeramkan di penjara Bastoy tersebut. Justru, para narapidana seperti merasakan liburan yang tak kunjung usai.

Berada di sebuah pulau, penjara tersebut tidak dipagari dengan tembok kawat berduri. Selain itu, penjagaan ketat seperti petugas bersenjata dan anjing yang berpatroli di lapangan pun tidak ditemukan di sana.

Apakah mungkin hidup di penjara namun serasa sedang berlibur? Ini buktinya!

Narapidana tampaknya benar-benar merasakan nikmatnya hidup di dalam penjara Bastoy. Bagaimana tidak? Mereka tinggal di pondok kayu kecil. Satu pondok dihuni sekitar 6 orang, lengkap dengan fasilitas kamar masing-masing dan dapur.

Di penjara tidak bisa berekreasi? Kata siapa? Buktinya, narapidana Bastoy bisa menikmati rasanya berjemur di musim panas, memancing, berkuda, merasakan nikmatnya sauna, dan bermain di lapangan tenis.

Apakah mungkin hidup di penjara namun serasa sedang berlibur? Ini buktinya!

Namun, tetap saja penjara adalah tempat untuk menghukum pelaku kejahatan dan mereka diharuskan untuk mematuhi segala aturan di dalamnya. Hanya satu kali makan yang disediakan, sisanya mereka harus menyiapkan sendiri. Bahan dan peralatan bisa mereka beli dengan upah kerja sekitar USD $10 atau sekitar Rp 129 Ribu per harinya.

Mereka harus memilih pekerjaan, seperti menjaga ternak hewan, bercocok tanam, atau memotong kayu, mengutip dari laman AmusingPlanet, Jumat (24/4/2015). Pekerjaan dimulai pada pukul 08.30 - 15.30, sesaat setelah panggilan dibunyikan.

Apakah mungkin hidup di penjara namun serasa sedang berlibur? Ini buktinya!

Setiap narapidana berhak mengajukan permohonan untuk dipindahkan ke penjara Bastoy jika memiliki masa tahanan lebih dari sama dengan lima tahun. Umumnya, para narapidana yang sudah bebas mengatakan penjara tersebut memiliki efek yang baik bagi diri mereka.

"Waktu yang dihabiskan di sini membuat saya menyadari bahwa saya tidak benar-benar jahat dan saya memutuskan akan mengubah cara hidup saya," ujar Arne Kvernvik Nilsen, salah satu narapidana.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah segala fasilitas yang diberikan penjara Bastoy dapat memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan? (auf/ret)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.