Sukses

3 Alasan Seseorang Takut Belanja Baju Online

Inilah alasan mengapa seseorang takut belanja baju online.

Liputan6.com, Jakarta Baju menjadi salah satu cara menunjang penampilan. Dunia fesyen pun tidak habis-habisnya menginovasi gaya busana terbaru. Perkembangan dunia fesyen dan teknologi berbanding lurus dengan pertumbuhan toko-toko online yang menjual berbagai model baju. Belanja baju online merupakan salah satu mudah dalam mendapatkan baju.

Dengan hadirnya toko online, Anda bisa mendapat baju hanya dengan menjelajahi internet. Tak hanya website resmi, akun-akun pribadi maupun bisnis pun banyak bermunculan di Facebook dan Instagram. Hanya dengan mengontak dan mengirim uang, baju pun akan datang.

Namun demikian masih tak banyak orang yang berani untuk membeli baju secara online. Nah, berikut ini 3 alasan mengapa seseorang takut belanja baju secara online:

1. Takut baju tidak sampai

Sangat banyaknya akun-akun pribadi maupun bisnis di Facebook dan Instagram membuat para pembeli tidak sepenuhnya menaruh kepercayaan kepada toko online. Mereka takut tertipu, terutama tertipu setelah melakukan pembayaran. Ketakutan apakah baju yang mereka pesan akan dikirim atau tidak, apakah uang mereka akan kembali jika ada kesalahan teknis.

Tips: Sebaiknya sebelum membeli online, sering-seringlah mencari referensi akun mana yang cukup terpercaya. Apabila ingin membeli melalui situs e-commerce, sebaiknya bacalah dahulu komen di bawahnya. Sebab, tidak semua e-commerce memasok barang mereka sendiri. Mereka hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

2. Takut ukuran tidak sesuai

Keterangan `all size` (satu ukuran) harus diteliti lebih lanjut. Ukuran all size negara mana yang mereka ikuti. Akibat hal ini adalah bahwa para pembeli masih merasa lebih "aman" untuk mendatangi langsung toko, melihat barangnya, dan mencobanya.

Tips: Sebaiknya membeli baju di toko yang mencantumkan berapa sentimeter (cm) ukuran baju mereka, jadi Anda bisa mengukur terlebih dahulu apakah baju tersebut muat atau tidak di badan Anda.

3. Takut bahan tidak sesuai

Para pembeli masih takut kecewa dengan bahan baju yang ada di foto berbeda dengan bahan asli. Di foto terlihat tebal, tetapi ternyata berbahan tipis. Akibatnya, mereka takut untuk belanja baju online.

Tips: Sebaiknya tanyakan kepada penjual secara detail dengan bahan yang Anda inginkan. Apabila penjual terkesan ragu-ragu dalam menjawab, sebaiknya hapuskan keinginan Anda untuk membeli. Sebaiknya seringlah juga bertanya kepada teman yang mempunyai refensi toko online manakah yang memang memiliki kesesuaian bahan antara foto dan wujud aslinya. (auf/Igw).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.