Sukses

5 Perempuan Indonesia Wujud Nyata Mimpi Kartini

Berikut ini adalah 5 perempuan Indonesia yang menjadi wujud nyata mimpi R. A. Kartini.

Liputan6.com, Jakarta “Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia,” demikianlah petikan lagu `Ibu Kita Kartini` yang diciptakan oleh W.R. Soepratman.

Kartini merupakan sosok di balik kumpulan surat yang kemudian dibukukan dengan judul `Habis Gelap Terbitlah Terang`.

Surat-surat tersebut berisi pandangan-pandangan Kartini yang ia sampaikan kepada teman-temannya di Belanda tentang budaya tradisional yang menghambat kemajuan perempuan.

Kini, aspirasi Kartini akan kondisi setara bagi perempuan untuk leluasa mengaktualisasikan potensi-potensinya bisa dilihat perwujudannya pada sosok-sosok perempuan Indonesia yang bergelut di berbagai bidang dan membawa peran penting di dunia yang ditekuninya.

Berikut ini adalah 5 sosok perempuan Indonesia dari masa ke masa yang menjadi bukti nyata dari mimpi Kartini. (bio/ret)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

S. K. Trimurti

S. K. Trimurti

Lahir pada 11 Mei 1912, Soerastri Karma Trimurti adalah seorang jurnalis yang turut berperan dalam kemerdekaan Indonesia. Ia pernah dipenjara oleh otoritas Belanda karena penyebaran brosur anti penjajahan. Setelah kemerdekaan, Trimurti menjabat sebagai Mentri Perburuhan di bawah kepemipinan Perdana Mentri Amir Sjarifuddin. S. K. Trimurti adalah istri dari pengetik naskah proklamasi, Sayuti Melik.

Foto: Wikipedia

3 dari 6 halaman

Sri Mulyani

Sri Mulyani

Pada tahun 2014, dirinya ditempatkan majalah Forbes sebagai salah satu dari the most powerful woman in the world. Kini ia menduduki posisi Managing Director di World Bank. Sri Mulyani Indrawati adalah figur perempuan Indonesia yang menggeluti dunia ekonomi. Dilahirkan pada 26 Agustus 1962, Sri Mulyani menamatkan pendidikan Sarjana di Universitas Indonesia dan melanjutkan bangku pendidikan tinggi tingkat Master dan Doktor di University of Illinois Urbana-Champaign. Pada tahun 2005-2010, Sri Mulyani menjabat sebagai Mentri Perekonomian Indonesia.

Sri Mulyani (Liputan6.com/Istimewa)

4 dari 6 halaman

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Nama Susi Pudjiastuti mencuat semenjak dimasukkan presiden Joko Widodo dalam kabinetnya. Untuk periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti menjabat sebagai Mentri Perikanan dan Kelautan. Perempuan yang dilahirkan pada tanggal 20 Januari 1965 ini tak menamatkan bangku pendidikan SMA lantaran dikeluarkan oleh karena aktivitas perpolitikan yang ia lakukan di sekolahnya. Sebelum masuk dunia pemerintahan, Susi Pudjiastuti sudah bergerak di dunia bisnis. Ia merupakan pendiri PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan pesawat komersial Susi Air.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri Rapat Kerja dengan para senator Komite II DPD RI, Jakarta, Rabu (5/11/2014). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

5 dari 6 halaman

Susi Susanti

Susi Susanti

Susi Susanti adalah atlet perempuan Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Perempuan keturunan Tionghoa yang lahir pada 11 Februari 1971 ini memenangkan medali emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol. Sederet prestasi lain juga diraih oleh istri dari pebulutangkis Alan Budikusuma ini. Di antaranya adalah beberapa kali juara turnamen All England Open, Australia Open, Indonesia Open, beberapa kali meraih medali emas di South East Asian Games dan lain sebagainya.

Mantan Pebulutangkis Dunia, Susi Susanti pun tampak hadir (Liputan6.com/ Herman Zakharia)

6 dari 6 halaman

Anggun

Anggun

Di dunia seni, Anggun merupakan sosok perempuan Indonesia yang berhasil menggeluti belantika musik mancanegara. Setelah sukses di tanah air dengan lagu-lagu hits seperti Tua-tua Keladi, Bayang Ilusi, Mimpi, dan lagu-lagu lainnya, Anggun memasuki Eropa pada tahun 1994 dan berpartner dengan produser Prancis, Erick Benzi, yang berpengalaman dengan penyanyi sekelas Celine Dion. Perempuan kelahiran 29 April 1974 dengan nama Anggun Cipta Sasmi ini pun sukses dengan album Snow on the Sahara (1997) di mana lagu berjudul sama yang ada di dalamnya menduduki posisi teratas tangga lagu di berbagai negara. Lagu berjudul Saviour yang dirilis pada tahun 2005 menjadi soundtrack dari film Hollywood, Transporter 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.