Sukses

5 Langkah Mudah Sembunyikan Uban

Uban yang muncul sungguh mengesalkan? Coba cara-cara berikut untuk menyembunyikan uban.

Liputan6.com, Jakarta Menginjak usia yang lebih tua, tentu kekhawatiran mengalami penuaan pasti akan menghampiri. Penuaan tidak hanya mengakibatkan pada penurunan kemampuan, tetapi juga memunculkan kerentanan terhadap timbulnya penyakit, keriput, dan uban.

Uban, cukup sering menggangu seseorang, terutama uban yang tumbuh lebih dini. Tak hanya usia, uban dapat disebabkan oleh stres, pola hidup tak sehat, atau seringnya mewarnai rambut.

Selain mengelola stres dan menjaga pola makan, ada beberapa cara untuk mengakali terlihatnya uban. Beberapa cara yang dikutip dari laman Boldsky berikut bisa menyembunyikan uban. Penasaran? Berikut ulasan seperti yang diberitakan pada Rabu (22/4/2015): (auf/Ars)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Sembunyi Uban 1-2

1. Mewarnai rambut

Terlebih bagi Anda yang sering bergonta-ganti warna rambut, mewarnai rambut merupakan salah satu solusi mudah untuk menyembuyikan uban. Namun, perlu diingat hal tersebut juga tidak begitu baik. Sangat perlu untuk memberikan nutrisi, seperti memakai sampo khusus untuk rambut berwarna.

2. Warnai dengan Henna

Tahukah Anda bahwa Henna merupakan salah satu pewarna rambut alami dengan kandungan nutrisi untuk rambut yang cukup baik? Rendam bubuk Henna semalaman, kemudian campur dengan telur dan minyak rambut di pagi hari dan oleskan pada rambut. Setelah mengering, bilas hingga bersih.

3 dari 3 halaman

Cara Sembunyi Uban 3-5

3. Teh Hitam

Teh hitam memiliki kandungan warna yang cukup kuat sehingga bisa digunakan untuk menyembunyikan uban. Buatlah teh yang amat pekat dan biarkan dingin sebelum menerapkannya pada rambut. Biarkan selama sekitar setengah jam, lalu cukup bilas rambut hanya dengan air dingin. Meksipun pewarnaan ini tidak begitu bertahan lama, tetapi teh hitam berguna sebagai conditioner alami demi memperbaikin rambut.

4. Kopi

Meskipun cara untuk mewarnai rambut dengan kopi terbilang sama dengan teh, tetapi mewarnai rambut dengan kopi cenderung bertahan lebih lama dibandingkan dengan teh. Semakin pekat kopi atau dicampurkan dengan pacar, semakin gelap pula warna yang dihasilkan.

5. Daun kari dan lemon

Kombinasi yang aneh ini ternyata bagus untuk mewarnai rambut. Pertama, rebus daun kari di minyak kelapa. Ketika daun masih  hangat, simpanlah campuran tersebut ke dalam botol. Bila sudah siap untuk digunakan, ambillah campuran sejumlah yang diperlukan dan tambahkan 2-3 sendok teh perasan lemon segar. Oleskan pada rambut dan biarkan selama kurang lebih satu jam, lalu cuci hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.