Sukses

10 Langkah Mendasar Makeup

Inilah 10 langkah mendasar dalam makeup.

Liputan6.com, Jakarta Tak semua wanita tahu tata cara merias wajah. Mungkin Anda adalah salah satunya. Yuk, tengok kembali produk apa saja yang ada di meja rias Anda. Moisturizer, foundation, lip balm, powder, blush, lipstik, eyeshadow, maskara, eyeliner, dan masih banyak lagi. Saat memoles wajah dengan semua benda itu, Anda mungkin tak memiliki urutan tertentu.

Bingung mana yang harus pertama kali diaplikasikan? Alright ladies, please put your attention to this easy steps of makeup. Sepuluh langkah berikut ini diformulasikan oleh Bobbi Brown, pendiri label kosmetik Bobbi Brown yang kini juga menjabat sebagai Editor in Chief Yahoo Beauty.

Inilah 10 tahap mendasar dalam merias wajah seperti disampaikan oleh Amanda Elfiana, trainer Bobbi Brown Indonesia, pada acara perkenalan produk Skin Smoothing Pore Perfector, Intensive Skin Serum Foundation, dan Brightening Bricks, Rabu 15 April 2015 di restoran Branche.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1-2

Langkah 1: Skin Care
Tahapan skin care dalam proses makeup adalah tahap penting untuk melindungi kulit Anda sebelum mengenakan produk-produk kosmetik lainnya dan mempersiapkan kulit agar lebih mudah di-makeup. Bersihkan wajah dengan menggunakan cleanser. Aplikasikan moisturizer untuk melembabkan kulit dan membuatnya terlihat segar. Gunakan eye cream agar hasil penggunaan corrector dan concealer lebih optimal. Pulas bibir dengan menggunakan lip balm agar menjadi lebih kenyal dan halus sehingga sapuan lipstik merata.

Langkah 2: Corrector dan Concealer
Meski sama-sama digunakan pada area bawah mata, corrector dan concealer memiliki perbedaan fungsi. Guna corrector adalah untuk menetralkan warna bawah mata yang biasanya lebih hitam. Gunakan produk ini sebelum memakai concealer yang fungsinya untuk mencerahkan bagian bawah mata.

3 dari 5 halaman

3-4

Langkah 3: Foundation
Pertanyaannya adalah: warna foundation apa yang sebaiknya Anda gunakan? Sebagai pertimbangan untuk memilih warna foundation, perhatikan warna kulit kening dan rahang samping. Biasanya warna kulit kening lebih gelap dari bagian wajah lainnya. Sebaliknya warna kulit samping rahang cenderung lebih terang dari area lain wajah.

Pilih setidaknya 3 warna yang mendekati warna 2 bagian wajah itu. Taruh 3 warna itu secara terpisah di dahi. Usap masing-masing warna agar lebih menyatu dengan kulit. Kemudian pilihlah 1 warna yang Anda sukai dan aplikasikan warna tersebut ke wajah Anda. Dengan langkah ini, pilihan Anda tak akan terlalu jauh dari warna kulit asli sehingga makeup akan tampak lebih alami.

Langkah 4: Powder dan Bronzer
Untuk keperluan penggunaan makeup dalam waktu yang cukup lama, pakailah loose powder. Untuk menambah kesan hangat, pergunakan bronzer pada area pipi, tengah dahi, hidung, dagu, dan leher.

4 dari 5 halaman

5-7

Langkah 5: Blush
Senyum. Sapukan blush mulai dari bagian apple of the cheeks (bagian yang menonjol di pipi saat tersenyum) ke arah belakang. Untuk mendapat tampilan rona yang popping up, tambahkan Blush hanya pada bagian apple of the cheeks di atas bagian blush warna netral yang sudah dipakai sebelumnya.

Langkah 6: Lipstick
Bila ingin terlihat natural, lihat warna alami bibir sebagai panduan memilih lipstik yang nude shade. Pemilihan warna yang tepat akan membuat warna alami bibir Anda lebih merekah. Jika ingin mempertegas garis bibir, gunakan lipliner dengan warna yang sesuai.

Langkah 7: Eyebrows
Untuk rias natural, pilih pewarna alis yang warnanya mirip dengan warna rambut Anda. Gunakan eye brow brush untuk mengisi tengah alis. Untuk memperjelas bentuk alis, pilih warna yang lebih gelap dan pakai eye definer brush untuk mengaplikasikannya.

5 dari 5 halaman

8-10

Langkah 8: Eye Shadow
Sapukan eye shadow dari bagian garis bulu mata ke tulang alis. Jika ingin mendapat tampilan alami, pilih warna medium untuk bagian bawah kelopak mata.

Langkah 9: Eye Liner
Buat garis di atas jalur bulu mata dengan warna yang gelap. Jika Anda ingin memakai juga eye liner bawah, pastikan eye liner atas dan bawah bertemu pada sudut luar mata.

Langkah 10: Mascara
Bila Anda mau melentikkan bulu mata dengan alat pelentik, lakukan hal itu sebelum menggunakan maskara. Sebab melentikan bulu mata setelah menggunakan maskara akan membuat bulu mata mudah patah.

(bio/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini