Sukses

Snorkeling di Pantai Nglambor

Bagi Anda pecinta Biota Laut, snorkling di Gunungkidul bisa menjadi pilihan yang tepat.

Liputan6.com, Yogyakarta Gunungkidul tak berhenti menyuguhkan tempat wisata pantai yang indah. Bahkan, ada pantai yang semakin digemari wisatawan karena keindahan biota lautnya. Salah satunya adalah Pantai Nglambor yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai ini memang sedang naik daun karena banyak pengunjung yang melakukan kegiatan snorkeling di sana. Tempatnya yang cukup jauh dari pusat kota ini sepadan dengan keindahan yang ditawarkan. Pengunjung bisa meminjam alat snorkeling di lokasi. Pengelola Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) Pantai Nglambor, Aditya Putratama mengatakan bahwa pantai yang tersembunyi di Gunungkidul ini baru sekitar satu bulan ramai dikunjungi wisatawan. Awalnya, pantai ini tidak banyak diketahui orang. "Baru sebulan ini ramai. Hari biasa yang snorkeling bisa 15 orang. Tapi kalo weekend bisa sampai 80 orang," ujarnya beberapa waktu lalu kepada Liputan6.com.



Pengunjung bisa meminjam alat snorkeling selama satu jam dengan tarif Rp 35,000. Selama satu jam, pengunjung akan ditemani oleh pemandu BNS dan akan mendapat informasi awal sebelum turun ke laut. Selain itu, dari pengelolan juga akan mengirimkan foto dokumentasi selama ber-snorkeling di Nglambor. "Selamat datang di Pantai Nglambor. Selamat datang di akuarium terbesar kami," ujarnya.

Setelah masuk ke dalam laut dengan ombak setinggi paha hingga dada ini, pengunjung akan melihat berbagai jenis ikan laut. Selama melakukan snorkeling, pemandu terus memberikan arahan untuk bisa relax saat menggunakan alat snorkeling. Salah satu pengunjung mengaku senang saat ber-snorkeling. "Aku nemuin (ikan) nemo tadi," ujar Astri, salah satu wisatawan, girang.

Pemandu akan mengarahkan ke tempat di mana ikan laut banyak berkumpul. Waktu satu jam tidak akan terasa. Keindahan alam Nglambor seolah melupakan waktu. Setiap jengkalnya terlihat indah dengan batu karang yang masih terlihat. "Wah nggak kerasa udah selesai aja. Pingin lebih lama lagi," ujar Adam. wisatawan lain.



Pengelola BNS mengatakan bahwa wisatawan yang ingin berolahraga snorkeling dapat datang ke Nglambor pada hari biasa. Pasalnya, banyak wisatawan datang pada akhir pekan. Jika terlalu banyak orang, kenikmatan menikmati keindahan akuarium terbesar di Nglambor akan berkurang. (Fathi Mahmud/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini