Sukses

Cemilan Mangga dan Ketan asal Thailand

Bahan-bahan dalam resep mangga ketan ini amat mudah didapat.

 

Liputan6.com, Jakarta Mangga dan ketan manis yang disiram santan ketan merupakan hidangan penutup asal Thailand yang terkenal. Gabungan antara ketan, mangga, dan santan amat cocok untuk lidah orang Indonesia, selain itu, bahan-bahannya juga mudah didapat. Coba simak resep dari theguardian.com, Jumat (17/4/2015) ini jika Anda senang bereksperimen! (Ikr/ret)

Bahan-bahan:

3 daun pandan, ikat membentuk simpul

100 gram ketan yang direndam semalam

3 sendok makan kelapa parut

70 gram gula kelapa

1 mangga matang besar (bisa gunakan mangga harum manis jika suka rasa manis, atau mangga manalagi jika suka rasa asam-manis)

150 ml santan kental

Instruksi memasak:

1. Rebus 500ml air di panci besar dan celupkan daun pandan. Masukkan ketan dan biarkan selama 40 menit. Panci jangan ditutup. Aduk setiap 10 menit sampai empuk dan semua air terserap. Tiriskan.

2. Masak kelapa parut di wajan anti lengket dengan api kecil. Oseng-oseng sampai warnanya berubah kecokelatan.

3. Panaskan 200ml air di panci kecil dan masukkan gula kelapa, aduk-aduk sampai larut. Campur gula kelapa yang sudah menjadi sirup itu ke ketan.

4. Kupas kulit mangga daam potong-potong daging buah. Hangatkan santan di panci kecil.

5. Untuk menyajikannya, bagi ketan ke 4 mangkuk dan sirah dengan santan. Letakkan beberapa potong mangga di samping. Untuk pelengkap, taburi kelapa parut yang sudah dimasak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini