Sukses

Tribeca Film Festival Bangkitkan Kembali Semangat Kehidupan

Tribeca Film Festival 2015 akan digelar 15-26 April 2015 di Beacon Theatre, New York

Liputan6.com, Jakarta Terasa asingkah ketika kuping Anda mendengar nama Tribeca Film Festival? Tribeca Film Festival adalah sebuah festival film yang dicetuskan oleh Jane Rosenthal, Robert De Niro, dan Craigh Hatkoff.

Festival yang didirikan oleh ketiga tokoh yang telah disebutkan di atas sejak tahun 2002 ini bertujuan untuk mengenang peristiwa serangan gedung World Trade Center (WTC), New York, Amerika Serikat, pada 11 September 2001.

Pada Tribeca Film Festival ke-10 yang diadakan pada 20 April-1 Mei 2011 berhasil menarik 3 Juta orang, di antaranya termasuk selebritis ternama dari dunia seni peran dan musik. Tak ayal, apabila dari festival tersebut mampu menghimpun dana hingga USD $ 600 atau sekitar Rp 7,8 Triliun seperti yang dilansir dari laman ChannelNewsAsia, Senin (13/4/2015).

Beragam film ditampilkan selama Tribeca Film Festival dilangsungkan, mulai film bergenre musik, maupun komedi. Buah karya independen dan dokumenter pun bisa unjuk gigi dalam festival tersebut sekaligus berfungsi sebagai batu loncatan untuk membuat film yang lebih inovatif.

Setelah sekitar 100 film panjang ditampilkan, festival tersebut ditutup dengan pemutaran film gangster klasik `Goodfellas`. Para bintang dari salah satu film fenomenal tersebut pun hadir dan sontak festival pun nampak seperti sebuah ajang reuni.

Lebih lanjut, festival yang pada tahun ini akan diadakan pada 15-26 April 2015 di Beacon Theatre, New York tidak hanya serta-merta bertujuan sebagai ajang memoar, tetapi juga ingin mempertunjukkan dan menceritakan kepada dunia mengenai segala macam sisi kehidupan. Sebab, tragedi 11 September tersebut nyatanya tidak hanya membuat luka bagi para keluarga korban WTC, tetapi juga menghilangkan vitalitas permukiman TriBeCa di Lower Manhattan, Amerika Serikat.

Dengan berlangsungnya Tribeca Film Festival diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi bagi dunia perfilman. Ketiga pencetus pun kemudian menjadikan festivasl tersebut sebagai ajang untuk merevitalisasi lingkungan kota setelah serangan tahun 2001 di World Trade Center. (Ars/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini