Sukses

Makanan Ini Bisa Buat Rambut dan Kuku Sehat

Konsumsilah makanan-makanan ini jika ingin rambut dan kulit sehat.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hal memiliki rambut dan kuku yang sehat, beberapa orang diberkahi dengan genetik yang baik. Namun, jika Anda punya rambut kering atau kuku rapuh, jangan kecil hati dulu karena Anda bisa memperbaikinya dengan mengonsumsi makanan-makanan ini.

Ada vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kuku dan rambut, seperti magnesium dan vitamin C. Mengonsumsi kapsul vitamin memang bagus, tapi alangkah baiknya jika langsung mengkonsumsi dari sumbernya.

Dilansir dari laman bustle.com, Rabu (8/4/2015), berikut ini makanan-makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut dan kuku Anda. (Ikr/Liz)

1. Kacang almond

Kacang almond yang renyah cocok untuk cemilan. Almond memiliki kadar protein yang tinggi, serta mengandung magnesium dan lemak baik. Protein bukan hanya berguna untuk produksi keratin (zat penyusun rambut dan kuku), namun juga perbaikan sel yang menjaga rambut tetap kuat dan cepat tumbuh. Magnesium berfungsi meredakan stres (yang bisa menjadi pemicu rambut rontok), sedangkan lemak baik bisa menjaga kesehatan kulit kepala.

2. Pisang

Biotin atau vitamin H bisa ditemukan pada pisang. Zat ini mencegah kuku dan rambut dari resiko rapuh dan patah. Hal ini dikarenakan biotin yang merupakan zat yang diperlukan dalam pembentukan protein.

3. Bir

Ini mungkin tidak diduga-duga muncul di dalam daftar, tapi kadar silikon pada bir bisa meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala dan membantu rambut tumbuh. Namun, konsumsi bir berlebihan lebih banyak menimbulkan efek buruk dibanding efek baik.

 

 

 

4. Blueberry

Buah yang sesungguhnya lebih berwarna ungu dibanding biru ini kaya akan antioksidan dan vitamin C. Antioksidan mampu memberantas radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh, termasuk sel pada rambut dan kuku. Sedangkan vitamin C membantu pembentukan kolagen yang merupakan komponen rambut dan kuku.

5. Melon

Selain mengandung vitamin C yang membantu pertumbuhan rambut, Cantaloupe kaya vitamin A yang menyehatkan rambut dan mengatasi rambut kering.

6. Minyak kelapa

Ada zat dalam minyak kelapa yang disebut lauric acid. Zat ini bermanfaat mencegah kerontokan rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

7. Telur

Selain memiliki kadar protein dan biotin yang tinggi, telur juga mengandung vitamin D dan zat besi. Vitamin D bisa memperkuat rambut dan mencegah kerontokan, sedangkan zat besi membantu produksi sel rambut.

8. Susu

Kalsium yang terkandung pada susu menjaga rambut dan kuku tumbuh sehat.

9. Kerang

Zinc merupakan zat yang memiliki manfaat besar bagi rambut dan kuku. Selain penting dalam proses pembuatan protein, zat ini bisa membantu pembentukan kembali sel rambut.

10. Salmon

Salmon memiliki kadar protein, omega-3, dan biotin yang tinggi. Jika Anda ingin mendapat asupan lebih omega-3, Anda bisa memakan kulitnya.

11. Bayam

Sayuran hijau ini kaya dengan omega-3, zat besi, magnesium, vitamin A dan vitamin C.

12. Biji bunga matahari

Ternyata kuaci juga punya manfaat kesehatan! Selain mengandung omega-5, protein, biotin, zat besi dan magnesium, biji bunga matahari mengandung vitamin E yang bisa menstimulasi pertumbuhan rambut.

13. Air

Menjaga cairan tubuh sangat membantu tubuh dalam berfungsi. Termasuk dalam bekerja memproses semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini