Sukses

Kaos Berpanel Surya untuk Mengisi Baterai Gadget

Sebuah perkawinan antara fesyen dan teknologi menghasilkan kaos yang bisa digunakan untuk mengisi baterai gadget Anda.

Liputan6.com - Perkawinan antara fesyen dan teknologi berhasil melahirkan sebuah kaos yang canggih. Kaos tersebut bisa digunakan untuk mengisi baterai gadget Anda.

Hal tersebut menjadi mungkin karena di kaos itu terdapat panel-panel surya yang terintegrasi dalam serat-serat kainnya. Hebatnya, item fesyen ini tetap bisa dicuci seperti biasa dengan menggunakan mesin cuci.

Bila kaos itu terpapar sinar matahari yang cerah, sebanyak 1 watt energi listrik diproduksi olehnya. Kaos ini dilengkapi juga dengan battery pack sehingga saat baterai gadget Anda sudah terisi penuh, energi selanjutnya akan tersimpan untuk dapat digunakan di lain kesempatan.

Foto: DailyMail.co.uk

Kaos ini dibuat oleh perancang busana Pauline van Dongen berkolaborasi dengan Holst Center dan TNO yang merupakan organisasi riset. Seperti dilansir dari DailyMail.co.uk pada Sabtu (4/3/2015), Pauline berharap agar teknologi ini bisa diadopsi oleh desainer-desainer lain.

Solar Shirt karya Pauline perdana diungkap pada event South by South West 2015 di Texas. Acara tersebut merupakan ajang apresiasi film dan musik terbaru dan juga teknologi inovatif yang dikembangkan pada saat ini. (bio/liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.