Sukses

Pontianak Siap Gelar Pameran Batu Permata Khas Kalimantan Barat

Tak hanya batu cincin, beragam bongkahan batu yang berasal dari belahan bumi Khatulistiwa akan dipamerkan di Pameran Batu Pontianak

Liputan6.com, Pontianak Pameran batu permata khas Kalimantan Barat siap digelar dari tanggal 2 hingga 6 April 2015 di rumah Radakng. Dalam pameran ini, pengunjung dapat menyaksikan sejumlah produk kerajinan batu terbaik dari Kalimantan Barat yang di ikuti oleh Kabupaten/kota se-Kalimantan Barat.

Pameran perdana yang diselenggararakan Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat yang bekerja sama dengan Bank Kalbar ini diikuti 55 Stand yang terdiri dari 50 buah stand batu khas Kalbar  dan 5 stand kuliner.  Rencananya akan dibuka Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis.
 
Tak hanya batu cincin saja yang ditampilkan pada pameran yang akan berlangsung di rumah Radakng ini. Namun akan ditampilkan juga beragam bongkahan batu yang berasal dari belahan bumi Khatulistiwa, termasuk proses pembuatannya serta penanyangan audio visual tentang profil batu permata atau batu alam khas Kalimantan Barat.   
 
“Kami menyelenggarakan  kegiatan pameran ini dalam rangka menindaklanjuti surat dari Ketua Harian DEKRANAS (Erni  Tjahjo  Kumolo). Perihal peringatan HUT DEKRANAS dengan maksud dan tujuan agar melalui kegiatan pameran ini keberadaan dan eksistensi DEKRANAS atau DEKRANASDA dapat dikenal lebih secara luas dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya kepada perajin atau UKM khususnya yang ada di Kalimantan Barat," kata Ketua Dekranasda Kalbar, Frederika Cornelis, melalui siaran persnya di Kota Pontianak, belum lama ini.

Menurutnya, inisiatif pameran ini diambil agar dalam perayaan HUT DEKRANAS kali ini dapat memberi makna dan manfaat yang nyata kepada masyarakat, walaupun dengan segala keterbatasan yang ada.

"Melalui even ini berusaha memberi kesempatan dan peluang kepada para peserta pameran baik yang berasal dari kab/kota. Ada perajin, pedagang dan asosiasi batu permata atau Batu Akik untuk memperkenalkan, mempromosikan. Bahkan memasarkan aneka batu permata, batu akik," katanya.

“Masyarakat Kalimantan Barat kami persilahkkan untuk melihat keanekaragaman batu permata atau batu alam yang merupakan kekayaan bumi  Kalimantan Barat baik yang berupa barang jadi maupun bongkahannya. Jangan lupa  membeli souvenir aneka batu permata serta batu akik yang terpajang disini. Sehingga kita dapat membantu perajin dalam rangka peningkatan pendapatannya serta mencintai produk dalam negeri sendiri, “ demikian Frederika.
 
Lebih lanjut Frederika mengatakan bahwa event yang di selenggarakan oleh  Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka peringatan HUT nya yang ke 35 dan HUT Bank Kalbar yang ke 51 ini diharapkan mampu mengembangkan produk ekonomi kreatif.
 
“Saya berharap kerjasama antara Dekranasda dan Bank Kalbar serta para perajin/pelaku IKM di Provinsi Kalimantan Barat dalam kegiatan Pameran Batu Permata Khas Kalimantan Barat ini mampu mengembangkan produk ekonomi kreatif. Karena dengan kerjasama yang di bina ini akan semakin meningkatkan kualitas produk kerajinan dan menjadikan aneka produk kreatif Bumi Khatulistiwa sebagai penunjang ekonomi daerah bahkan nasional,” kata Frederika. (Raden AMP/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.