Sukses

Negara Ini Penghasil Kopi Terbaik di Dunia

Manakah negara penghasil kopi terbaik di dunia? Ternyata bukanlah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Manakah negara penghasil kopi terbaik di dunia? Meski kopi Indonesia, terutama Luwak dikenal termasuk yang berharga tinggi di dunia, namun ternyata kualitas kopi asal Indonesia masih dianggap belum yang terbaik di dunia.

Ted van der Put, Program Director IDH - The Sustainable Trade Initiative dari Belanda mengatakan bahwa meski kopi asal Indonesia, terutama jenis Arabica termasuk yang digemari pasar dunia, namun kualitas kopi negara ini masih kalah dengan negara penghasil kopi lainnya di Asia, termasuk Vietnam.

Dalam wawancaranya dengan Liputan6.com, menurut van der Put, negara penghasil kopi terbaik di dunia masih dikuasai oleh Ethiopia. "Jenis kopinya baik Robusta maupun Arabica memiliki kualitas yang baik dan stabil. Selain itu, para petaninya sudah mengetahui cara menanam dan memanen kopi dengan baik sehingga kualitasnya terjaga," kata van der Put dalam peluncuran SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) yang diadakan oleh IDH Ibekerjasama dengan kedutaan Belanda di Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Kondisi lahan yang kering mengakibatkan negara ini menjadi lahan yang subur bagi tanaman kopi untuk tumbuh. Selain Ethiopia, Kolombia juga dianggap van der Put memiliki jenis kopi berkualitas baik, yang diikuti oleh Brasil.

Meski kualitas kopi Indonesia masih belum stabil, namun van der Put yakin bahwa kualitas kopi Indonesia akan membaik apabila para petani kopinya terus melakukan inovasi dalam menanam dan memanen. "Kualitas kopi di Indonesia sebenarnya termasuk baik, hanya saja masih kurang stabil. Terkadang baik, terkadang kurang baik. Selain masih kurangnya pengetahuan petani akan inovasi namun juga karena perubahan cuaca yang ektrem (climate change) yang banyak memengaruhi wilayah Indonesia," kata van der Put.

Wilayah Indonesia yang menurut riset IDH memiliki potensi penghasil kopi yang baik antara lain Lampung, Sumatra Utara, dan sebagian besar wilayah Jawa. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.