Sukses

Meriahnya Festival Holi ala India di Medan

Sebanyak 500 etnis India di Medan merayakan festival Holi.

Liputan6.com, Medan Sekitar 500 etnis India yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (29/3/2015), merayakan Holi Fastival di di Gedung Yayasan Khalsa Jalan Teuku Umar Medan. Holi Festival atau festival warna merupakan festival awal musim semi yang dirayakan di India dan negara-negara yang memiliki penduduk beragama Hindu.

Harbans Sigh selaku pengagas acara Holi Festival di Medan tersebut mengatakan, Holi Festival ini merupakan kegiatan pertama kalinya diadakan di Medan. Sedangkan di India, Holi dirayakan secara besar-besaran di kawasan Braj di tempat-tempat yang berkaitan dengan Dewa Kresna.

“Pada puncak perayaan Holi orang merayakan Holi dengan saling melemparkan bubuk berwarna-warni atau saling menyiramkan air berwarna-warni,” katanya.



Ia menuturkan, kegiatan di Holi Festival ini diikuti dari yang tua sampai yang muda ikut serta dalam siram air dan joget bersama. Banyaknya masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan ini membuat pihaknya akan menjadikan Holi Festival tersebut menjadi kegiatan tahunan.

“Holi Festival ini diadakan untuk mempersatukan umat dan agar tidak ada perbedaan antar umat, serta selalu mensyukuri apapun yang terjadi seperti perubahan iklim. Holi Festival juga sebagai kegiatan pelestarian kebudayaan India. Holi Festival bukan acara keagamaan namun acara kebudayaan,” tuturnya.



Di India acara Holi Festival ini sudah cukup lama dilakukan. Ini perayaan para leluhur, ini kebudayaan India yang harus dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda. Warna-warna yang ada dipercaya untuk menolak bala, dengan adanya warna-warna pada tepung dipercaya bisa membuat dampak positif bagi masyarakat. Warna-warna yang full colour membuat hidup masyarakat juga menjadi berwarna. (Rez/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini