Sukses

Skate Park Pertama Resmi Hadir di Bogor

Semua warga Bogor dapat bermain skateboard di Skate Park secara gratis.

Liputan6.com, Bogor Kota Bogor kini memiliki Skate Park atau Taman Bermain Skateboard pertamanya. Bertempat di lapangan Sempur, Skate Park pertama di Kota Hujan resmi dibuka untuk dan ditandai dengan penandatanganan sebuah prasasti Skate Park Looper Zone, Minggu, (29/3/2015).

Kepala Dinas Kebersihan dan Petamanan Kota Bogor, Irwan Riyanto, menjelaskan, terwujudnya taman bermain skateboard ini dapat terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Telkomsel melalui dana CSR-nya.

“Khusus taman ini, pembuatan konsep desain dan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada komunitas skateboard kota Bogor yang bernama Bogor Independent Skateboard (BOPER). Semoga ini menjadi awal bagi keberlangsungan kerjasama yang lebih intens dengan CSR lainnya yang ada,” katanya.

Sedangkan DKP sendiri, lanjutnya, melakukan pembuatan dan penataan taman-taman di sekitar fasilitas skateboard, termasuk nantinya menata keberadaan pedagang sekitarnya.

Taman skateboard ini juga, tidak hanya ditujukan untuk komunitas tertentu, namun terbuka bagi masyarakat umum. Sedangkan komunitas BOPER akan menjadi pengelola dan dapat memanfaatkan sarana ini untuk menjaring bibit-bibit potensial di Kota Bogor.

“Bagi seluruh masyarakat ingin menyalurkan bakat dan minatnya olahraga skateboard ini langsung datang dan bermain di sini, tanpa dipungut biaya apapun. Kemudian taman skatepark ini memiliki sarana yang cukup memadai,” terangnya.

Masih kata Irwan, selain di lapangan Sempur, DKP juga berencana membangun sarana lainya di lapangan Heulang dengan konsep multifungsi. Selain lapangan Futsal, dan lokasi disekitarnya bakal dibangun tempat pengelolaan kompos, taman nurseri dan pembibitan.

"Dananya sudah disiapkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) sebesar Rp5 miliar," tandasnya.

Sementara Direktur Sales Telkomsel, Mas'ud Khamid mengatakan, dalam 5 bulan taman skateboard ini sudah bisa dibangun. Dana yang dibutuhkan dalam pengerjaan sebesar Rp250 juta. Meski arena ini belum masuk standard untuk atlet skateboard, tapi kedepannya akan dikembangkan lagi.

Mudah-mudahan sarana ini tentunya akan membantu para pemuda untuk kemajuan Kota Bogor di bidang skateboard. Mungkin arena ini juga akan terintegasi dengan Sungai Ciliwung yang desainnya akan diselesaikan tahun ini.

"Tidak hanya berhenti disini anak-anak juga bisa membuat film pendek saat bermain skateboard lalu diupload ke media sosial dan untuk menunjang hal ini kami akan sediakan wifi dipasang seluruh pojok area lapangan," pungkasnya. (Bima Firmansyah/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.