Sukses

Ini Dia Kornet Sapi Pertama di Luar Angkasa

Makanan seperti apakah yang dikonsumsi oleh para astronot selama misi mereka?

Liputan6.com, Michigan Penampakan makanan yang dibawa ke luar angkasa seringkali menjadi pertanyaan. Makanan seperti apakah yang dikonsumsi oleh para astronot selama misi mereka?

Ternyata 50 tahun yang lalu, ketika makanan khusus untuk penerbangan luar angkasa belum dikemas seperti sekarang, dua orang astronot NASA yang terbang bersama pesawat Gemini 3 membawa makanan berupa sandwich.

Astronot Pilot bernama John Young adalah sang pembawa sandwich kornet sapi tersebut. Gus Grissom, sang komandan misi, melihat sang pilot merogoh kantongnya dan mengeluarkan makanan tersebut. Young, cerita Grissom, mengatakan bahwa ia penasaran bagaimana rasa makanan ketika dibawa ke luar angkasa.

Ia membeli sandwich itu dari Wolfie Restaurant and Sandwich Shop di Ramada Inn di Cocoa Beach dua hari sebelumnya.

Young kemudian menggigit roti tersebut, namun remah-remahnya bertebaran dan mulai mengambang di sekitar ruangan hampa udara tersebut. Keduanya kemudian memutuskan untuk tidak melanjutkan makan roti tersebut.

Young sendiri mengaku dalam memoarnya 'Forever Young' bahwa ia merasa bersalah telah membawa makanan dari luar hanya karena rasa penasarannya itu. Ia menyadari bahwa tindakannya itu dapat berakibat pada rusaknya sistem mesin yang dapat mungkin terjadi di luar angkasa akibat remah yang bertebaran. Namun, untungnya saja hal itu tidak terjadi, dan sandwich kornet itu bahkan menjadi bagian dari sejarah yang kini dipajang di Grissom Memorial Museum di MItchell, Indiana, Amerika Serikat.

Sebagai bagian dari pengawetan, sandwich yang kini berusia 50 tahun itu disimpan dalam akrilik yang dipadatkan. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini