Sukses

Kuliner Osobuco Sapi yang Menggugah Selera

The Sunan Hotel Solo memiliki hidangan spesial bernama Osobuco.

Liputan6.com, Solo Osobuco tak lazim dirasakan oleh lidah orang Nusantara. Bucco merujuk pada bahasa Italia yang menunjuk pada bagian paha atau lutut sapi. Osobuco sering digunakan sebagai bahan steak di mancanegara.

Namun, di Solo, osobuco bisa juga dimanfaatkan dengan memadukannya dengan bahan rempah-rempah khas Nusantara. Hasilnya adalah osobuco rendang yang sangat cocok dengan lidah Nusantara. Kuliner itu tersaji di Hotel The Sunan Solo.

Executive Chef The Sunan Hotel Solo, Pian Gunawan, menjelaskan bahwa osobuco sering diolah di restoran atau hotel-hotel mancanegara. Teksturnya sangat cocok dibikin steak. Salah satu keunikan osobuco adalah teksturnya yang berbentuk bulat seperti medali dilapisi tulang tengah di sisinya dan daging.

"Karena keunikannya ini, kami menyajikan kuliner yang tidak biasanya. Kami mencoba mengolahnya menjadi masakan rendang dan menggunakan rempah-rempah tradisional Indonesia, " jelasnya.

Dijelaskannya, bahan-bahan dari osobuco rendang adalah bawang merah, bawang putih, lombok merah, lengkuas, kemiri, kacang meg, kunyit daun, dan kelapa. Pembuatannya cukup mudah. Bahan-bahan rempah itu harus dihaluskan dan ditumis.

"Lalu, masukkan osobuco dan tumis hingga empuk. Osobuco ditumis 4 jam hingga kadar air santan berkurang," jelas Pian. Dikatakan Pian bahwa rasa dari osobuco ini seperti rendang. Namun, rasa rendangnya tak terlalu pekat dan pedas. "Bukan seperti rendang Padang," ucapnya. (Reza Kuncoro/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini