Sukses

Musim Hujan, Cegah Nyamuk di Rumah dengan 6 Tanaman Ini

Ingin mencegah nyamuk dengan bahan alami? Coba beberapa tanaman di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Nyamuk dapat menjadi sesuatu yang sangat mengganggu ketika Anda ingin bersantai di dalam rumah. Biasanya, nyamuk banyak dijumpai di kebun, taman, dan beberapa lingkungan kotor di rumah Anda.

Taman atau kebun adalah tempat yang menjadi pilihan untuk bersantai dan menikmati suasana alam. Namun, kenikmatan ini seringkali terganggu dengan dengungan nyamuk yang suaranya bersumber dari pepohonan. Terutama pada saat musim hujan, genangan air akan menjadi tempat sasaran bagi mereka untuk berkembang biak.

Selain menggangu, nyamuk juga berbahaya karena dapat menularkan berbagai jenis penyakit seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah, dll. Kebanyakan orang, mencegah nyamuk dengan menggunakan berbagai bahan kimia seperti krim atau cairan pengusir nyamuk. Namun, beberapa obat kimia ini dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Jika Anda ingin menghindari bahan kimia dan beralih ke bahan alami, cobalah untuk menggunakan beberapa tanaman yang bisa digunakan sebagai obat pengusir nyamuk. Namun, apa sajakah tanaman itu? Dilansir dari Boldsky, Jumat (27/3/2015) berikut ini adalah tanaman pengusir nyamuk yang dapat Anda tanam di kebun rumah sebagai obat nyamuk alami.

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang cukup ampuh. Dengan aromanya yang kuat, bawang putih dapat membuat nyamuk enggan untuk datang menghampiri.

2. Rumput Sereh
Rumput sereh dianggap sebagai salah satu tanaman terbaik untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini digunakan sebagai bahan utama dalam obat nyamuk buatan. Cukup oleskan minyak sereh pada tubuh, maka Anda akan terhindar dari gigitan nyamu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanaman Pengusir Nyamuk

3. Kemangi
Sama halnya dengan bawang putih, daun kemangi memiliki aroma yang sangat kuat sehingga dapat menjadi bahan pengusir nyamuk yang ampuh.

4. Pappermint
Selain dapat menjadi penambah rasa pada makanan, daun yang memiliki aroma khas ini juga bisa menjadi bahan pengusir nyamuk.

5. Rosemary
Tanaman yang memiliki bunga indah ini selain dapat menjadi penghias tanaman juga bisa menjadi obat nyamuk di dalam ruangan Anda.

6. Lavender
Bunga ungu cantik yang banyak digunakan sebagai pengharum ruangan ini juga bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Aromanya yang menenangkan dapat membuat nyamuk kabur karena tidak suka dengan wanginya. (Mtp/ret)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.