Sukses

10 Langkah Sebelum Mewarnai Rambut

Rambut ombre ala Jessica Alba.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang suka gonta-ganti warna rambut mungkin mengalami banyak coba-coba dan gagal dalam pengalaman Anda.

Mewarnai rambut memang eksperimen yang tricky. Banyak kisah-kisah seperti hasil warna rambut yang tidak diinginkan, menyesal setelah bleaching, dan tagihan yang membuat melotot setelah mengecat rambut di salon. Situs Instyle.com mengumpulkan dua ahli penata rambut spesialisasi mewarnai rambut para selebriti Hollywood, Sharon Dorram dan Kelly Van Gogh.

Berikut ini, 10 tips dari Dorram dan Van Gogh yang berguna untuk Anda yang ingin mewarnai rambut. (Ndy/Liz)

 1. Kenali warna rambut

Orang Indonesia asli memiliki rambut warna hitam. Efek dari suatu cat rambut di rambut Anda akan berbeda dengan mereka yang memeiliki rambut cokelat atau pirang walau menggunakan merek dan warna cat rambut yang sama.

2. Realistis

Jangan berharap perubahan warna rambut drastis bisa dicapai dalam satu hari. Kalau terburu-buru, bisa-bisa warna rambut Anda jadi kekuningan dan tidak enak dilihat. Sebaiknya untuk pemula pilih warna yang tidak jauh berbeda dari warna rambut alami.

3. Coba wig

Sebelum mengecat rambut, ada baiknya Anda coba pakai wig yang warnanya sama atau mirip dengan warna rambut yang Anda inginkan. Dengan begini Anda bisa melihat apa Anda merasa cocok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4-7

4. Beli cat lebih banyak

Banyaknya cat rambut yang akan Anda gunakan tergantung panjang dan tebalnya rambut Anda. Banyak yang bercerita tentang pengalaman kekurangan cat rambut. Menurut Dorram, lebih baik membeli lebih banyak dari seharusnya daripada kekurangan pewarna di tengah jalan.

5. Cari formula yang tepat

Tekstur rambut juga berpengaruh pada apakah sebuah produk bisa bekerja di rambut Anda. Menurut ilmuwan kosmetik Ni'Kita Wilson, orang dengan rambut keriting dan tebal lebih cocok dengan produk gel atau cairan.

6. Jangan dekat-dekat kolam renang

Zat chlorine bisa melarutkan kutikula, akibatnya mineral di air masik ke pori-pori rambut dan bisa mengubah warna rambut. Jangan menyelam di kolam renang seminggu sebelum dan sesudah mewarnai rambut.

7. Beli warna satu tingkat lebih terang dari warna yang diinginkan

Kalau warna yang Anda inginkan tidak bisa tercapai, setidaknya lebih mudah menggelapkan warna rambut dibanding membuat lebih terang.

3 dari 3 halaman

8-10

8. Jangan keramas sebelum cat rambut

Minyak alami rambut berfungsi melapisi kulit kepala dan menghindari iritasi yang bisa terjadi dalam mewarnai rambut.

9. Ganti shampoo setelah mewarnai rambut

Beberapa jenis shampoo seperti anti-dandruff bisa melunturkan warna rambut dengan sulfates dan bahan kimia yang kasar. Cari shampoo yang halus setelah Anda mewarnai rambut.

10. Waspada kerusakan rambut

Rambut Anda akan selalu mengalami sedikit kerusakan setelah diwarnai. Ini tidak bisa dihindari. Ini karena setiap pewarna rambut, permanen maupun semi-permanen mengandung hydrogen peroxide . Untuk membuat rambut Anda tetap sehat, gunakan masker rambut atau kondisioner secara rutin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.