Sukses

10 Buku yang Mampu Ubah Cara Pandang Hidup

Buku-buku ini sekiranya menarik bagi Anda yang senang mempelajari tentang arti hidup.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang senang berbicara tentang makna kehidupan? Kalau jawabannya iya, mungkin Anda akan tertarik dengan sepuluh buku di bawah ini.

Buku adalah jendela dunia. Walau terkesan basi karena sering didengar, ungkapan ini bukan sekedar kiasan sok bijak semata. Menurut Henry David Thoreau, "Sebuah buku yang baik memuat penemuan murni". Buku-buku ini sepertinya memenuhi syarat buku bagi Thoreau.

Tema-tema di buku-buku ini bisa dibilang mirip satu sama lain, yaitu mempertanyakan cara kita memandang hidup. Membaca salah satu buku ini mungkin akan memberi Anda sudut pandang yang baru, sementara, jika Anda membaca semuanya, Anda mungkin akan mengevaluasi cara Anda memandang dunia dan posisi Anda di semesta.

Dilansir dari lifehack.org, Jumat (27/3/2015), berikut 10 buku tesebut:

1. The Invisible Gorilla and Other Ways Our Intuitions Deceive Us karangan Christopher Chabris & Daniel Simons

Anda tidak selalu melihat apa yang Anda pikir Anda lihat. Itulah yang ingin disampaikan oleh Chabris dan Simons dari eksperimen yang mereka lakukan.

2. Think Like a Freak karangan Steven Levitt & Stephen Dubner

Dalam melakukan perubahan Anda harus merubah pola pikir Anda. Melalui buku ini, Anda akan belajar untuk melihat dunia di cara-cara yang tidak diduga-duga, namun efektif.

3. Predictably Irrational: The Hidden Forces That Shape Our Decisions karangan Dan Ariely

Semua orang merasa dirinya rasional setiap saat. Tapi kenyataannya, di kebanyakan kasus, kita seringkali tidak rasional. Buku ini mengajak Anda menelusuri setiap keputusan dan kesalahan yang kita buat.

4. The Drunkard’s Walk: How Randomness Rules Our Lives karangan Leonard Mlodinow

Seperti apa diri kita adalah hasil dari pendidikan, keterampilan, dan keputusan kita yang ambil secara sengaja. Itulah yang semua orang pikirkan. Kenyataannya, apa yang membentuk kita lebih kompleks dan random dari itu

5. How Should We Live? Great Ideas from the Past for Everyday Life karangan Roman Krznaric

Walau sering diajarkan untuk memperbaiki hidup dengan tidak melakukan kesalahan yang sudah lalu, sangat jarang ada ajaran ini dalam bentuk konkrit, yang hasilnya kita susah melihat kebenarannya. Dengan contoh-contoh konkrit seperti pekerjaan, cinta, dan kehilangan, kita akan melihat bahwa masa lalu kita kaya akan pengetahuan yang bisa kita gunakan.

6. The Patient Will See You Now: The Future of Medicine is in Your Hands karangan Eric Topol

Diprediksi bahwa setiap orang akan semakin peduli dengan kesehatannya. Anda akan belajar mengontrol informasi medis pribadi dengan smartphone Anda.

7. Microtrends: The Small Forces Behind Tomorrow’s Big Changes karangan Mark Penn

Dalam level individual, seseorang cenderung sulit untuk melihat tren yang sedang terjadi. Hal ini diakibatkan karena pada umumnya kita mendasarkan pengetahuan kita tentang dunia melalui persepsi kita yang terbatas. Setiap hari, ada perubahan kecil yang kelak bisa menjadi tren. Dengan memperhatikan tren minor ini lebih dekat, kita akan belajar mengenai perubahan sosial dan memprediksi trend minor yang akan menjurus kepada perubahan besar.

8. Big Data: A Revolution That Will Transform How We Live, Work, and Think karangan Viktor Mayer-Schonberger dan Kenneth Cukier

Kita memandang dunia dengan cara yang cenderung baru. Data-data dari memori kita bisa menunjukkan bagaimana fenomena satu dan yang lainnya yang terkesan tidak ada hubungannya sesungguhnya ada.

9. How We Got to Now: Six Innovations That Made the Modern World karangan Steven Johnson

Pandangan kita semua terhadap sejarah ada dalam garis linear, terutama sejarah penemuan. Sesungguhnya, semua penemuan yang ada seringkali terjadi bukan karena usaha yang disengaja. Barang-barang yang sering kita temui sehari-hari dan terkesan mundan seperti gelas, kaca, dan pendingin ruangan bukan hanya semakin melejit permintaannya, namun juga membawa perubahan yang tidak diduga-duga.

10. The Knowledge Web karangan James Burke

Segala sesuatu berkaitan satu sama lain. Semakin lama, Anda akan bisa melihat koneksinya. Itulah yang ingin disampaikan secara garis besar dari buku ini. James Burke menyatakan bahwa semakin besar pengetahuan Anda, semakin bisa Anda mengamati perubahan dunia. (ndy/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini