Sukses

Tertarik Gunakan Deodoran Alami dari Minyak Kelapa?

Dapatkah minyak kelapa digunakan sebagai deodoran alami?

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua bahan alami memiliki kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk satu hal, salah satunya adalah minyak kepala sebagai deodoran alami.  Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa berguna untuk membunuh bakteri yang menimbulkan bau tak sedap. Aroma khas minyak kelapa pun tidak begitu pekat.

Mungkin salah satu kekhawatiran lain menggunakan minyak kelapa sebagai deodoran adalah noda yang menempel pada pakaian. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda membiarkan minyak kelapa meresap terlebih dahulu sebelum mengenakan pakaian.

Baiknya menggunakan minyak kelapa terletak pada dampak berbahaya yang akan ditimbulkan oleh deodoran dan antiperspirant. Antiperspirant menangkal tubuh yang berkeringat dengan menggunakan aluminium, mengutip dari laman TheOpenMind, Kamis (26/3/2015).

Memang bahan alami kerap menimbulkan sesuatu yang kotor, tetapi itulah cara tubuh Anda melepaskan racun dan ketidakmurnian. Bayangkan jika Anda justru memaksa zat-zat berbahaya tersebut di dalam tubuh, penyakit jangka panjang akan segera menghantui Anda. Salah satunya, beberapa penelitian menemukan bahwa penyakit Alzheimer dan kanker payudara kerap disandingkan dengan aluminium dalam antiperspirant tersebut. Mengerikan, bukan?

Beberapa deodoran mengandung propilen glikol yang dapat menimbulkan rasa kulit terbakar. Bahkan, dalam Material Safety Data Sheet menyarankan bahwa sangat perlu menghindari kontak antara propilen glikol dan kulit. Sebab, dalam jangka panjang penyakit seperti iritasi kulit, kerusakan hati, dan kerusakan ginjal bisa saja terjadi. Sungguh mengerikan.

Beberapa bahan alami juga bisa menimbulkan efek samping. Namun, hanya terbatas pada iritasi kulit jika kulit Anda memang sensitif atau alergi pada bahan alami tersebut. Jadi, masih dapat dikatakan bahwa bahan alami, seperti minyak kelapa, cenderung lebih aman dibandingkan produk yang mengandung bahan kimia.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menuangkan sedikit minyak kelapa pada tangan dan menggosokkannya tepat di ketiak layaknya deodoran pada umumnya. Bisa juga dengan menggunakan beberapa campuran, berikut campurannya:

a) 1/2 cangkir minya kelapa (sebaiknya organik dan mentah)

b) 1,5 sendok teh ararut

c) 1,5 sendok teh baking soda

d) 5-10 tetes minyak atsiri

Selamat mencoba untuk beralih menggunakan minyak kelapa sebagai deodoran alami! Ingat, lebih baik coba gunakan minyak kelapa tanpa campuran terlebih dahulu. Sebab, ketidaknyamanan dari penggunaan baking soda mungkin akan menganggu. (auf/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini