Sukses

Deretan Nama-nama yang Hampir Punah

Coba simak daftar ini untuk mencari nama unik yang sudah sangat jarang.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda dan pasangan sedang menanti lahirnya sang buah hati, atau mungkin Anda seorang penulis cerita fiksi yang ingin mencari nama untuk karakter ciptaan Anda. Untuk yang pertama, sebaiknya pikirkan anak Anda bukan hanya sekedar bayi lucu, namun juga yang nantinya akan tumbuh besar, menuliskan nama untuk daftar absen dan mengisi CV untuk melamar pekerjaan. Sehingga tidak kebablasan memberi nama yang hanya Anda sendiri yang bisa lafalkan. Untuk yang kedua, sebaiknya sesuaikan nama dengan kisah latar belakang si karakter dan watak mereka.

Bagaimanapun, kebanyakan dari Anda akan mencari nama yang tidak umum. Entah untuk memberi semacam ilusi bahwa Anda adalah seorang yang kreatif atau ingin jadi semacam anti-mainstream. Dilansir dari laman pressreader.com/canada, Kamis (26/3/2015), berikut adalah nama-nama yang sudah jarang diberikan orangtua untuk anak-anaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama Feminin

Nama feminin

1. Alpha. Di tahun 1880, nama Alpha menduduki peringkat 301 nama paling popular di US, peringkat ini turun dari posisi 100 teratas di tahun 1944. Ironis mengingat "alpha" adalah numerik pertama di alfabet Yunani.

2. Barbra. Penyanyi Barbra Streisand dikenal dengan namanya yang unik. Namun sejak 1971, nama Barbra jatuh dari posisi 1000 nama terpopuler.

3. Claudine. Nama ini merupakan bentuk feminin dari "Claudius". Sempat pupuler di tahun 70-an berkat penyanyi Claudine Longet.

4. Nanette. Sempat masuk posisi 1000 nama terpopuler sampai tahun 1977, namun kini para orangtua berkata tidak pada nama ini.

5. Sheba. Merupakan bentuk singkat dari "Bathsheba", seorang tokoh di kitab injil. Di tahun 2013 ini, hanya tercatap lima nama Sheba di Amerika Serikat.

6. Sondra. Hanya beda satu huruf dengan "Sandra". Namun beda jauh dalam kepopuleran. Di tahun 2013, hanya ada lima anak perempuan dengan nama ini.

7. Thisbe. Nama yang berasal dari mitologi kuno merupakan nama seorang wanita yang kisah tragisnya menginspirasi kisah Romeo and Juliet.

3 dari 3 halaman

Nama Maskulin

Nama maskulin

1. Elmo. Nama yang merupakan kependekan dari nama Italia "Guglielmo" ini sempat populer dam masuk dalam nomor 247. Sepertinya di era sekarang, orangtua enggan memberi nama anaknya yang identik dengan boneka merah dari Sesame Street.

2. Icarus. Nama yang berasal dari mitologi Yunani. Walau terdengar keren, sepertinya kisah Icarus yang terbang terlalu dekat dengan matahari dan mati di laut membuat orangtua enggan memilih untuk nama anaknya.

3. Inigo. Nama favorit penulis, kalau boleh jujur. Sempat masuk di nomor 602, namun kini sudah sangat jarang ditemukan orang dengan nama ini.

4. Llewellyn. Nama asal Welsh yang sempat jadi nama yang populer dan menurun sejak tahun 40an. Sebetulnya cukup bisa dimengerti karena pelafalannya yang termasuk sulit.

5. Sherwood. Nama yang menginspirasi hutan latar belakang kisah Robin Hood ini sesungguhnya terdengar badass. Pernah jadi nama populer dari tahun 1897 sampai 1963. Namun sudah jarang terdengar selama tujuh dekade terakhir ini.

6. Waldo. Tahun 2014 lalu, hanya ada lima anak laki-laki yang tercatat memiliki nama ini. Agak mengherankan karena nama ini termasuk mudah diingat dan disebutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.