Sukses

Batu Mulia Doko Dido Jadi Jawara Kontes Batu Akik

Batu mulia doko fido berhasil menjadi pemenang untuk kategori batu bebas di Festival Batu Akik Nusantara, Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Batu akik berjenis Doko Fido yang berasal dari Maluku sukses keluar sebagai pemenang di Festival Batu Akik Nusantara yang digelar dari tanggal 18-23 Maret 2015 di Gorontalo. Selain batu akik jenis Doko Fido, hal menarik lainnya yang terjadi saat festival adalah menjelang penutupan festival ini, batu akik yang dijual sempat diobral hingga harga Rp 5 Ribu.

Batu mulia Doko Fido milik Karim Kaida tersebut berhasil menjadi pemenang untuk kategori batu bebas. Meksipun gagal terjual dalam ajang tersebut, batu yang memikat dengan warna hijaunya mampu dibanderol dengan harga Rp 50 Juta.

Sementara itu, mengutip dari laman AntaraNews, Kamis (26/3/2015), kategori batu bermotif dimenangi oleh Zainal Tangoy, yang memamerkan batu dengan motif seperti pemandangan dasar laut.

Penilaian batu akik terbaik dilakukan oleh akademisi dari Jurusan Geologi Universitas Negeri Gorontalo. Sejumlah kriteria penilaian dalam kontes berupa keaslian, keunikan, dan estetika.

"Untuk estetika kami memprioritaskan keindahan corak dan warnanya, sementara tingkat kekerasan tidak kami utamakan," tutur Ketua Panitia Festival Batu Akik Nusantara, Roy Bau.

Sebelumnya berita kemenangan batu mulia doko fido tersebut, festival yang diselenggarakan oleh pemerintah Gorontalo dan didukung oleh Badan Narkotika Nasional Kota Gorontalo memberikan kabar yang mengejutkan, yaitu batu akik diobral hingga Rp5.000 untuk dua bongkah batu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini