Sukses

Dayung Perahu Kano di Tepi Pantai Jakat, Bengkulu

Kano ternyata bukan hanya dapat dimainkan di sungkai. Di Pantai Jakat, Bengkulu, Anda dapat mendayung perahu Kano.

Liputan6.com, Bengkulu Olahraga Dayung dengan perahu Kano selalu identik dengan arus jeram dan perairan tenang. Olahraga ketangkasan yang menguras energi ini memang biasa ditemukan di sungai dan danau air tawar.

Di Bengkulu, Anda bisa merasakan sensasi lain. Di sini, olahraga kano juga dimainkan di tepi Samudra Hindia. Gelombang tinggi dengan arus deras dan deru angin kencang dipastikan mampu memacu adrenalin Anda.

Lokasi perahu kano ini terdapat di tepi Pantai Jakat yang hanya berjarak 2 kilometer saja dari pusat kota. Untuk mencapai tempat tersebut, kita bisa naik angkutan umum atau memakai kendaraan sendiri dan langsung memarkirnya di pinggir pantai.

Pemilik penyewaan kano, Dickson Aritonang mengatakan bahwa setiap hari selalu ada yang mencoba bemain kano. Kebanyakan pengunjung bermain kano pada pagi hari jam 6.00 hingga 11.00 dan sore jam 17.00 hingga matahari tenggelam jam 18.30.

Harga sewa peralatan yang dipatok sangat murah yaitu Rp 20 ribu per orang. Khusus akhir pekan dan hari libur, Anda harus rela mengantri karena banyak orang yang sudah memesan beberapa hari sebelumnya.



"Kami punya 33 unit kano untuk satu orang dan dua orang tiap perahu lengkap dengan baju pelampung, cukup bayar 20 ribu rupiah silahkan main sampai capek," ujar Dickson di Bengkulu (22/3/2015). Usaha yang diberi label Segara Canoe ini juga memberi pelatihan singkat bagi pemula dan anak-anak tentang bagaimana memainkan peralatan dan teknik menghadapi gelombang.

Pihak pengelola juga menyiagakan sedikitnya 3 orang pengawas yang memantau setiap gerakan para pengguna jasa ini. Menandai jarak tempuh aman, mereka membentang tali dan pelampung berbentuk bola besar.

Yeti Ramdhani dan Metalia, Mahasiswi salah satu universitas swatsa di Bengkulu mengaku rutin datang untuk bermain kano. "Kita bisa olahraga sambil memacu adrenalin. Seru dan sehat, disini semua ada, habis olahraga kita bisa minum kelapa muda, makan jagung dan pisang bakar, pokoknya seru," ujar Yeti.

Selain kano, di pantai ini ada juga permainan Jet Ski dan Banana Boat. Jika cuma berniat untuk bermain air di pantai, Anda cukup menyewa ban aneka warna. (Ylr/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.