Sukses

Apa Manfaat Memelihara Kucing untuk Hidup Anda?

Kucing lebih dari sekadar hewan peliharaan.

Liputan6.com, Jakarta Ada kabar gembira bagi Anda pecinta kucing. Selain lucu, si meong ini juga membawa manfaat bagi kehidupan Anda. Dilansir dari huffingtonpost.com, Rabu (25/3/2015), setidaknya ada 6 manfaat memelihara kucing. Apa saja manfaat tersebut?

Setelah mengetahui manfaat-manfaat itu, Anda mungkin akan jadi lebih sayang dengan si kitty. Berikut ini adalah 6 manfaat memelihara kucing.

 

1. Menjaga kesehatan jantung
Sebuah studi di tahun 2008 dari University of Minnesota's Stroke Institude memonitor hampir 4500 orang selama 10 tahun. tiga dari lima partisipan memelihara kucing. Hasilnya, mereka yang memelihara kucing terhindar dari resiko penyakit jantung sebanyak 30 persen dibanding partisipan yang tidak memelihara kucing.

2. Dengkurannya menenangkan
Suara dengkuran kucing terbukti merendahkan level stres pemiliknya, juga tekanan darah. Sebaiknya Anda sering-sering usap kucing Anda!

3. Membuat kita tertawa
Anda mungkin sering mendengar para pemilik kucing bercerita tentang kelucuan kucing-kucing mereka. Sedangkan, tertawa terbukti menurunkan kadar level kortisol (hormon pemicu stres) dan membantu mempertajam ingatan orang-orang lanjut usia. Studi yang lain menunjukkan kaitan antara tertawa dengan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa lagi manfaat dari si Meong?

4. Membantu komunikasi bagi pengidap autisme
Terapi hewan peliharaan terbukti menjadi sarana belajar yang efektif. Ini disebabkan karena pengidap autisme cenderung lebih punya koneksi dengan hewan dibandingkan dengan sesama manusia. Melakukan interaksi dengan kucing seperti mengusap-usap mereka memicu diproduksinya hormon ixytocin yang meningkatkan perasaan percaya dan sayang.

Iris Grace Halmshaw, seorang gadis kecil berusia 5 tahun asal Inggris didiagnosis dengan autisme tahun 2011 lalu. Kucing terapi-nya, Thula membantu Halmshaw meningkatkan kepercayaan dirinya dan mengembangkan keterampilannya menulis.

5. Membantu mengatasi depresi
Menyayang kucing Anda bukan hanya sekedar mengurangi stres. Namun juga distraksi yang positif untuk Anda yang memiliki depresi.

6. Menghilangkan rasa kesepian
Centers for Disease Control and Prevention merupakan salah satu lembaga kesehatan terbesar. Menurut lembaga ini, salah satu keuntungan terbsar dalam memiliki hewan peliharaan adalah mereka membantu mengurangi rasa kesepian kita. Anda bisa saja dimarahi bos, dijauhi teman-teman di kantor atau sekolah, dan ditolak oleh orang yang Anda sukai. Namun di akhir hari, kucing Anda akan menyambut Anda di depan rumah saat Anda pulang. Menurut riset dari Miamy University dan Saint Louis University, hewan peliharaan bisa memenuhi kebutuhan sosial pemiliknya seperti halnya dengan manusia lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini