Sukses

Tutorial Masak: Cara Buat Cinnamon Churros ala Chef Nanda

Dalam video tutorial masak kali ini, Chef Nanda Hamdalah menghadirkan cara membuat churros original dengan taburan kayu manis.

Liputan6.com, Jakarta- Churros adalah makanan penutup tradisional asal Spanyol yang dikembangkan berabad-abad yang lalu oleh kaum gembala di negeri tersebut. Tempat tinggal kaum ini yang jauh di pegunungan tinggi membuat makanan yang segar dan dipanggang tidak mudah didapat. Masyarakat nomaden ini akhirnya dengan cerdik membuat beragam jenis kue yang dapat dimasak dengan mudah dengan panci diatas api terbuka. Disinilah kelahiran Churros bermula.

Pada mulanya, Churros berukuran roti panjang, dan dikonsumsi dengan gula kayu manis. Namun seiring dengan waktu, kepopuleran churros turun dari pegunungan hingga merambah perkotaan. Makanan ini menjadi populer sebagai sarapan, snack atau makanan penutup bagi masyarakat Spanyol, sebelum akhirnya makanan ini dibawa ke luar negerinya oleh para penggemarnya.

Setelah churros diadopsi oleh masyarakat di luar Spanyol, mulai dari Amerika Selatan dan negara-negara Hispanik lain, hingga Amerika Utara, mereka terus berkembang. Tak hanya dimakan polos, atau digulung dalam gula, churros berukuran jumbo juga mulai diciptakan dan diisi dengan beragam rasa mulai dari cokelat hingga buah-buahan.

Dalam video tutorial masak kali ini, Chef Nanda Hamdalah menghadirkan cara membuat churros original dengan taburan kayu manis dipadukan dengan isi berupa saus cokelat dan keju. Simak resep dan videonya disini. (Liz)

Cinnamon Churros with Choco Coffee Ganache and Cheesy Warm Fondue

250 ml air mineral / air matang
100 gram butter
150 gram tepung terigu
¼ sendok makan garam
3 butir telur
1 sendok makan bubuk cinnamon / kayu manis

Choco Ganache

100 gram Dark chocolate yang telah dilelehkan
80 ml Whipped Cream

Cheesy Fondue

100 gram cream cheese
80 ml whip cream

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.