Sukses

Intip Fashion Nation: dari Rooftop Party hingga Instalasi Fesyen

Apa saja yang akan hadir di Fashion Nation 2015?

Liputan6.com, Jakarta Excitement dari gelaran fesyen tahunan Senayan City muncul sejak Veri Y. Setiady selaku CEO pusat perbelanjaan itu memberi cuplikan tentang apa saja yang akan muncul di acara tersebut. Kata Veri di konferensi pers yang diadakan di GB Bistro pada Rabu (18/3/2015), Atrium Senayan City yang menjadi tempat berlangsungnya acara akan berhias bunga-bunga. Floral designer Andy Djati Utomo digandeng untuk mewujudkan taman bunga itu.

Seperti tahun sebelumnya, Fashion Nation kali ini pun akan diisi dengan nama-nama desainer Indonesia dan manca negara. Desainer Indonesia Mel Ahyar di Opening Night acara itu akan menampilkan koleksi yang menggarap motif batik Belanda. “Koleksi yang akan ditampilkan nanti menggunakan motif-motif batik Belanda tahun 1840 sampai 1940,” jelas Mel di konferensi pers.

Yang menarik dari penjelasan desainer ternama ini ialah bahwa motif batik Belanda itu berisi karakter-karakter dongeng Eropa seperti Little Red Riding Hood, Hansel & Gretel, dan juga gambar-gambar yang tak lazim ada di batik lainnya seperti gambar kapal. Bersama dengan Mel di malam pembukaan Fashion Nation ada desainer asal Thailand, Ek Thongprasert, yang akan menampilkan koleksinya. Usai Opening Night digelar, Fashion Nation akan berlanjut dengan Style Makers Awards Party yang digarap bersama Nikki Beach sebagai kolaboratornya.

(Foto: Konferensi Pers Fashion Nation 2015)

Nikki Beach adalah sebuah beach club asal Miami, Amerika Serikat, yang telah hadir di Hotel Sofitel, Bali. Host party yang rencananya akan dihelat di rooftop ini adalah pemenang Style Maker Awards tahun-tahun sebelumnya, seperti Andien, Rio Dewanto, Kelly Tandiono, dan Andrea Risjad. Melihat perkembangan peran sosial media di dunia fesyen, kategori Most Stylish Social Media Darling dihadirkan pada Style Makers Awards yang menjadi wadah Senayan City dalam mengapresiasi figur-figur fesyen.

Seturut dengan perhatian pusat perbelanjaan itu pada perkembangan penggunaan sosial media di dunia fesyen, Senayan City menggelar kompetisi Outfit of the Day (OOTD) di Twitter. Kompetisi bertema `High End Street Style` ini diselenggarakan pada 17 Maret – 5 April 2015. Sebanyak 8 pemenang kompetisi dengan hashtag #2015FNOOTD dan #SENAYANCITY itu akan menjadi model acara `Fashion Stylist VS Fashion Blogger Runway Show`. Di acara yang diselenggarakan pada 15 April 2015 itu, Senayan City menantang para fashion stylist dan fashion blogger untuk berkompetisi dalam merombak gaya model-model dan pemenang #2015FNOOTD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desain Fesyen hingga Rancang Instalasi

Desain Fesyen sampai Rancang Instalasi

Capsule Collection, sebuah kolaborasi Senayan City dengan desainer-desainer ternama Indonesia, yang hadir pertama kali di Jakarta Fashion Week 2015 juga akan menjadi bagian dari Fashion Nation ke-9 ini. Didiet Maulana dengan label `Ikat Indonesia`, Iwet Ramadhan dengan `Tik Privee` akan menyuguhkan karya-karyanya di Capsule Collection, Fashion Nation.

Wujud dukungan Fashion Nation pada desainer-desainer muda, Runway Hits, akan menyuguhkan karya-karya desainer Indonesia, Thailand, dan Jepang. Desainer Indonesia Tri Handoko dengan label `Austere` akan menampilkan desain bertema prajurit dengan nafas Zen. Sementara Stella Risa akan bicara mengenai kedewasaan perempuan melalui busana rancangan-rancangannya di Fashion Nation. Selain kedua desainer itu, perancang mode asal Jepang Atsuki Takahashi, dan label fesyen Thailand `Q Design & Play` juga turut ambil bagian di Runway Hits.

(Foto: Konferensi Pers Fashion Nation 2015 - Stella Risa,Iwet Ramadhan, Mel Ahyar, Veri Y. Setiadi, Aida Nurmala, Didiet Maulana, Tri Handoko)

Di Fashion Nation tahun ini juga terdapat karya-karya instalasi yang bisa Anda nikmati. Pada instalasi bertema `Sawunggaling` karya Didi Budiardjo, Anda akan melihat bagaimana sang desainer kenamaan Indonesia mentranslasi simbolisme dalam batik yang ada sejak masa lampau menjadi karya berpendekatan moderen. LED Screen dan video mapping dari karya yang terinspirasi oleh maestro batik K.R.T Hardjonagoro dan Iwan Tirta ini akan menampilkan motif batik Sawunggaling yang sarat makna.

Karya instalasi lain yang akan ada sepanjang Fashion Nation adalah Pop Up Scarves Installation dari Patrick Owen. Hasil dari penjualan scarves yang akan berlangsung hingga 9 Juni 2015 ini akan disumbangkan pada sebuah yayasan sosial. Fashion Nation 2015 akan berlangsung pada 9-18 April 2015 di Senayan City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.