Sukses

Ibu Rumah Tangga Kini Mulai Lirik Dunia Bisnis

Banyak ibu rumah tangga yang kini lakukan bisnis di rumah sehingga ia dapat tetap mengurus keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta- Ibu rumah tangga tak harus melulu hanya berkutat pada urusan rumah tangga ataupun keluarga. Karena, tren saat ini, para ibu rumah tangga justru menginginkan adanya waktu yang lebih banyak untuk keluarga tanpa harus kehilangan usaha atau karir impian mereka. Melihat para wanita cerdas ini memiliki antusias yang tinggi untuk mempunyai usaha dengan waktu yang fleksibel, para coach Vanaya Institute berbagi ilmu tentang Womenprenuership seminar yang bertajuk Financial Make Over for Housewives.

Ada fakta menarik dibalik tumbuhnya industri kecil dan menengah Indonesia. Data yang didapatkan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan, 60% dari total 46 juta usaha kecil menengah Indonesia dimiliki oleh wanita Indonesia. Ini menandakan jumlah wanita yang memiliki usaha sendiri tidaklah sedikit. Disamping itu, fakta lain yang menarik dari hasil riset ini adalah dalam hal pembayaran utang, pengusaha wanita lebih disiplin dan bertanggung jawab. Oleh sebab itu, tidak heran para investor lebih mempercayakan dana mereka kepada pebisnis wanita.

“Wanita memiliki kemampuan berkomunikasi antar pribadi yang lebih baik dari pada kaum Adam. Ini merupakan potensi yang sangat baik untuk dikembangkan dalam menciptakan dan mengembangkan usaha mandiri,” terang Anitawati Seman, wanita yang telah menjalani karirnya selama 30 tahun di berbagai lintas industri, mulai dari minyak dan gas, konstruksi, dan farmasi dan merupakan salah satu corporate coach Vanaya di sela-sela acara. Menurutnya, tidak sedikit konflik rumah tangga muncul dikarenakan ketidakpiawaian istri mengolah keuangan. Sedikit yang sadar bahwa pendidikan mengolah mengolah keuangan rumah tangga itu penting.

“Masih banyak wanita Indonesia yang silau dengan mode, tren fashion hingga gadget daripada investasi jangka panjang dan yang terpenting mindset wanita Indonesia tentang cara menabung masih keliru. Oleh karena itulah kami mengadakan acara ini, agar para wanita cerdas tidak keliru mengolah keuangan dan mampu mewujudkan mimpi anak dan keluarga mereka” tambah Lyra Puspa.

Dengan adanya acara ini, diharapkan para wanita tak hanya mampu mengolah keuangan keluarga saja, namun juga dapat merintis karir mereka sebagai pemasukan untuk keluarga. Sehingga keluarga tetap terurus dengan baik dan karir berjalan dengan baik pula. (Cyn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.