Sukses

Lee Kuan Yew, Sang Transformator Negara Singapura

Mantan Perdana Menteri Lee Kuan Yew menerapkan beberapa kebijakan yang mampu membawa Singapura menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Singapura Lee Kuan Yew, mantan Perdana Menteri Singapura yang dikenal sebagai politisi sukses ini berhasil membuat Singapura menjadi negara maju yang terpandang di dunia. Dalam hal Indeks Pembangunan Manusia dan Keseimbangan Daya Beli negara ini berhasil mengalahkan Taiwan dan Korea.

Sungguh luar biasa bukan? Sebuah peningkatan yang pesat bagi negara Singapura ini tak lepas dari peran penting Mr. Lee yang menjabat selama lebih dari tiga dekade. Ia juga dikenal sebagai bapak pendiri Singapura modern.

Dilansir dari laman Transitioning, Jumat (13/3/2015) Mr. Lee memiliki pandangan yang jauh ke depan untuk membangun pemerintahan yang bebas korupsi dan memperkenalkan sistem beasiswa kontroversial. Ia membela keras pemerintah untuk mengadakan beasiswa dan terbukti Singapura kini bisa membayar kuliah sendiri tanpa investasi dan menciptakan pendidikan yang lebih baik.

Saat Lee dan teman-temannya sedang menjabat pada tahun 1959, mereka dihadapi dengan masalah serius yaitu tingginya pengangguran, kurangnya pemukiman, dan korupsi yang merajalela. Untuk menyiasatinya mereka memulai program industrialisasi, program perumahan rakyat murah, dan strategi anti korupsi yang komprehensif untuk mengatasi masalah ini. Pemerintah Lee juga berhasil memecahkan masalah ini dan membuat GNP perkapita naik 15 kali lipat.

Pengangguran bukan lagi masalah karena penduduk berhasil mendapatkan pekerjaan dan masyarakat yang tidak memiliki rumah kini dapat tinggal di pemukiman. Selain itu, Lee berhasil memberantas korupsi melalui undang-undang yang komprehensif dan lembaga penegakan hukum yang efektif.

Kualitas hidup di Singapura pada tahun 1980 jauh lebih baik tidak hanya dalam hal pendidikan dan informasi tetapi juga standar hidup yang lebih baik, perawatan medis dan perumahan yang mampu membuat mereka bertahan hidup lebih lama seperti yang dilansir dari laman Yourdictionary, Jumat (13/3/2015).

Sungguh mengesankan perjuangan mantan Perdana Menteri ini, ia berhasil membuat Singapura menjadi negara yang lebih maju dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan. (Mtp/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini