Sukses

Batu Akik Mizone Khas Baturaja Rebut Popularitas Batu Bacan

Popularitas batu akik Mizone khas Baturaja mampu bersaing dengan popularitas batu Bacan.

Liputan6.com, Palembang Ketenaran dan pesona yang terpancar dari batu akik jenis Bacan dan Kalimaya sudah tidak diragukan lagi. Selain dua jenis batu akik tersebut, ternyata masih ada batu akik khas daerah Baturaja, Sumatera Selatan yang sanggup mencuri perhatian pecinta batu akik di Indonesia.

Batu akik tersebut adalah Mizone dengan warna biru langit yang sangat mencolok. Bahkan, dalam kontes batu akik yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu, batu akik milik Yandri, warga Baturaja ini memenangkan empat juara sekaligus.

"Dalam kontes di Mangga Dua kemarin, Mizone berhasil meraih empat juara, yaitu Juara 1,2,3 dan Juara 4. Batu ini memang unik dan khas Baturaja. Sekarang saja sulit untuk mendapatkan batu Mizone ditempat asalnya, karena memang sudah sangat langka," ujarnya kepada Liputan6.com, di Palembang, Rabu (11/3/2015).

Karena keunikan dan kelangkaan stok daripada batu akik jenis Mizone, banyak kolektor batu akik dari Jakarta dan pulau Jawa yang ingin memboyong batu tersebut. Harga yang ditawarkan pun tak main-main, mulai dari Rp 150 Juta hingga Rp 450 Juta.

Namun, Yandri masih enggan untuk melepas batu kesayangannya tersebut. Selain karena harganya yang masih rendah, Mizone akan kembali diikut sertakan dalam lomba batu akik serupa.

"Batu ini akan saya sertakan di kontes batu akik Bandung dan Grandprix Best of the Best di Jakarta," ungkapnya. (Ajeng Resti/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini