Sukses

Demam Batu Akik, Mesin Pengasah Batu Laris Manis

Mesin pengasah batu akik pun laris manis seiring dengan demam batu akik.

Liputan6.com, Padang Demam batu cincin atau batu akik yang terjadi di seluruh penjuru Indonesia sampai detik ini berdampak positif kepada mesin pengasah batu cincin. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan mesin tersebut di Kota Padang, Sumatera Barat.

Seperti yang dilansir dari Antaranews, Selasa (10/3/2015), salah satu pedagang pengasah batu cincin di jalan Blok A Pasar Raya Padang, Syaiful Hujni menerangkan bahwa sebagian besar penghasilan tokonya didapat dari penjualan mesin pengasah batu cincin atau batu akik.

"Saat ini yang paling banyak dicari adalah mesin pengasah batu cincin dan sebagian besar penghasilan dari toko saya berasal dari mesin itu. Sekarang saya lebih fokus dalam penjualan mesin ini," ungkapnya.

Karena larisnya mesin ini, sekarang mesin untuk kukur kelapa bisa diolah menjadi mesin pengasah batu cincin, lanjutnya.

Syaiful menjual mesin ini berbeda-beda sesuai dengan ukurannya, dimulai dari lima inci, enam inci serta delapan inci.

"Untuk ukuran lima inci saya biasanya menjual dengan harga Rp300.000, untuk ukuran enam inci Rp450.000 dan untuk ukuran delapan saya menjualnya dengan harga Rp625.000," jelasnya.

Syaiful dalam sehari mampu menjual mesin ini paling banyak sekitar sepuluh unit. Yang paling banyak dicari adalah mesin berukuran enam inci. Sedangkan di saat sepi pengunjung, dia hanya bisa menjual sebanyak tiga unit saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini