Sukses

6 Makanan Olahan Durian yang Diburu Pecinta Kuliner!

Berikut enam makanan olahan durian yang diburu oleh pecinta kuliner.

Liputan6.com, Jakarta- Durian menjadi salah satu buah yang cukup digemari oleh semua orang. Wangi buahnya sangat melekat, daging yang empuk dan manis seakan melebur menjadi satu kesatuan yang sempurna. Buah yang memiliki bentuk bulat dengan duri disekitarnya ini memang memiliki pesona tersendiri dimata para pecinta kuliner.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang tak hanya menikmati durian dengan cara di makan langsung dagingnya saja, namun para masyarakat kini sudah mengolah buah yang memiliki julukan 'Raja Buah' ini menjadi aneka macam makanan yang cukup membuat orang terpikat. Tak hanya itu saja, bahkan makanan hasil olahan dari buah durian ini sangat digemari oleh seluruh kalangan. Lalu, makanan apa saja yang berasal dari hasil olahan durian? Berikut ulasan yang diberitakan pada hari Sabtu (14/3/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

Serabi Durian

Serabi menjadi salah satu makanan tradisional yang cukup diminati oleh banyak orang. Dimasak dengan menggunakan tungku, makanan ini memang memiliki cita rasa yang luar biasa. Durian pun kini sudah mulai dipadukan dengan Serabi. Biasanya, serabi akan disiram dengan kuah durian yang manis dan kental di atasnya. Untuk menambah rasa agar semakin nikmat, biasanya selain disiram dengan kuah durian, serabi ini juga akan dipadukan dengan parutan keju dan meses sesuai selera.

 

Pancake Durian

Makanan asal Medan yang satu ini tengah menjadi virus di kalangan para pecinta kuliner. Pancake durian sendiri merupakan perpaduan antara kulit kue dadar dimana pada bagian dalam diisi dengan buah durian dan sedikit krim. Rasa manis dan lezat dari kulit kue dadar dan durian menjadi satu perpaduan yang sangat sempurna.

3 dari 4 halaman

2

Kinca Durian

Selain serabi dan pancake durian, ada pula Kinca. Makanan yang satu ini akhirnya terasa lebih sempurna saat dipadukan dengan saus durian. Perpaduan antara ketan yang legit dan gurih dengan saus durian manis membuat makanan yang satu ini terasa sangat sayang jika dilewatkan. Untuk menyempurnakan makanan ini Anda dapat menikmatinya dengan secangkir kopi ataupun teh.

 

Tempoyak Durian

Sudah pernah mendengar makanan bernama Tempoyak? Ya, makanan yang satu ini merupakan masakan dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Citarasa dari Tempoyak adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya. Beberapa daerah di Indonesia Tempoyak biasanya dicampukan dengan daging ataupun sambal. 

4 dari 4 halaman

3

Keripik Biji Durian

Selain daging buahnya, ternyata biji durian juga bisa diolah menjadi panganan yaitu keripik. Cara pembuatannya pun sangat mudah, cukup mengiris tipis-tipis biji durian, rendam ke dalam air kunyit, dan balut dengan beberapa bahan lainnya. Setelah itu, goreng dan nikmati bersama keluarga Anda. Cita rasa manis namun tidak mengeluarkan bau yang menyengat membuat keberadaannya sangat diminati oleh semua orang.

 

Lempok Durian

Lempok Durian atau yang biasa disebut dengan dodol durian menjadi salah satu panganan yang cukup disukai banyak orang. Cita rasa yang sangat manis dan tekstur yang lembut serta legit membuat makanan ini diburu oleh semua orang apalagi untuk mereka yang ingin memberikan oleh-oleh pada sanak saudara. Wangi dan rasa durian yang sangat kuat membuat makanan ini terasa sempurna. (Cyn/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.