Sukses

Misteri di Balik Kelezatan Cita Rasa Restoran Cepat Saji

Kebersihan dapur jadi salah kunci untuk hasilkan cita rasa makanan berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta Dapur merupakan salah tempat yang paling krusial jika dihubungkan dengan makanan atau minuman. Tak heran apabila kebersihan dapur harus benar-benar dijaga agar sumber penyakit tidak bersarang dari makanan dan minuman apa yang akan dikonsumsi.

"Makanan yang dijaga tetap fresh akan menghasilkan cita rasa yang berkualitas," ujar Djoko Sutopo, Restaurant General Manager McDonald's Sarinah, saat ditemui dalam acara Kitchen Tour & Press Conference "National Breakfast Day" belum lama ini.

Nyatanya, dapur bersih bukan hanya difokuskan pada kebersihan lingkungan dan peralatan masak saja. Namun, bagaimana menjadi kesegaran dan kebersihan saat memasak.

"Untuk menjaga kesegaran, kita menggunakan mesin holding time digital dan juga manual. Mesin holding time digital untuk daging, muffin, dan sebagainya. Sementara sayuran dihitung manual. Jika bahan makanan terlalu lama berada di mesin holding time maka bahan makanan tersebut tidak akan kami hidangkan," ungkap Djoko kembali.

Sementara itu, jangka waktu ketika bahan makanan dikeluarkan dari mesin holding time pun berpengaruh terhadap kualitas makanan itu sendiri. Djoko menambahkan bahwa menjaga temperatur dapur juga sangat diperlukan demi menjaga cita rasa makanan yang akan disajikan kepada pengunjung.

Tidak berhenti sampai situ saja, cara yang digunakan untuk memasak juga harus dilakukan dengan sangat bersih demi bakteri dan kuman tidak masuk ke dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi.

"Bahan makanan tidak boleh disentuh langsung dengan anggota badan, harus menggunakan sarung tangan. Sarung tangan dibedakan jadi dua, yang bening buat produk yang ready to eat seperti roti, sedangkan yang biru buat bahan mentah seperti daging dan telur," pungkasnya kembali.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menerapkan pola dapur bersih tersebut demi meningkatkan kualitas hidup melalui makanan dan minuman?

Jika jawabannya adalah iya maka jangan lupa untuk mengganti atau membersihkan peralatan makanan demi menjaga kebersihan makanan yang akan Anda konsumsi. Seperti yang dituturkan oleh Djoko, bahwa setiap 1-2 jam peralatan harus dicuci dan dibersihkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.